Disebar di 32 Desa, Peserta KKN Unismuh Luwuk Diminta Kembangkan Potensi Wisata Bangkep

BANGGAI RAYA—Tahun 2023 ini, Kabupaten Banggai Kepulauan menerima mahasiswa KKN dari sejumlah perguruan tinggi.

Selain mahasiswa Universitas Muhammadiyah Luwuk Banggai, daerah ini juga menjadi lokasi mahasiswa KKN Universitas Tadulako Palu, Universitas Tompotika Luwuk dan Universitas Gajah Mada, dalam beberapa tahun terakhir.

“UGM melaksanakan KKN di Bulagi Utara dan tahun ini di Kecamatan Tinangkung yakni di lokasi tiga B, yakni Bakalan, Bulungkobit dan Bungin,” kata Asisten Perekonomian dan Pembangunan Banggai Kepulauan Edison E Moligay, saat menyambut mahasiswa KKN Unismuh Luwuk Banggai di halaman kantor Bappeda Bangkep, Selasa 18 Juli 2023.

BACA JUGA:  HUT ke-77 Koperasi di Banggai, UMKM Terima Sertifikat Hak Atas Tanah Gratis

Edison E Moligay berharap mahasiswa KKN Unismuh Luwuk Banggai turut membantu pemerintah Kabupaten Banggai Kepulauan mengembangkan potensi pariwisata, termasuk dalam hal promosi.

Empat kecamatan yang menjadi lokasi KKN Unismuh Luwuk Banggai kata dia, memiliki potensi pariwisata yang tidak kalah dengan kecamatan lainnya di Banggai Kepulauan. Salah satu yang dalam tahap pengembangan, kata dia adalah pantai Pompon.

BACA JUGA:  Festival Kurikulum Merdeka se Sulteng, Siswa SMPN 3 Luwuk Juara Pertama

Ia mengatakan, wilayah Totikum dan Tinangkung relatif lebih baik, transportasi lancar, infrastruktur jalan pun dalam kondisi yang lebih baik. Pun demikian dengan jaringan listrik yang sudah dapat dinikmati 1×24 jam.  Ia berharap kondisi ini dapat mempermudah mahasiswa dalam melaksanakan program dan kegiatan KKN.

BACA JUGA:  DPRD-Bupati Banggai Sepakati KUA PPAS Tahun 2025

Diketahui KKN Unismuh Luwuk akan dilaksanakan selama 40 hari, hingga akhir Agustus 2023. Mahasiswa Unismuh Luwuk Banggai ditempatkan di 32 desa di empat Kecamatan di Banggai Kepulauan, yakni Kecamatan Totikum, Totikum Selatan, Tinangkung dan Tinangkung Utara. 

Setelah diterima oleh Pemda Banggai Kepulauan, mahasiswa Unismuh langsung menuju ke desa-desa lokasi penempatan pada Selasa sore, 18 Juli 2023. (*)

Pos terkait