Disdik Terbitkan Edaran Belajar Melalui Siaran TVRI

  • Whatsapp
Rudi Budaya

BANGGAI RAYA- Mulai Senin (13/4/2020) kemarin, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia menghadirkan program tayangan Belajar dari Rumah di TVRI. Program tersebut menjadi salah satu alternatif pembelajaran bagi siswa, guru maupun orang tua selama belajar di rumah sejak Pandemi Corona Virus Disease atau Covid-19.

Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai langsung menindaklanjuti himbauan Mendikbud RI dengan mengirimkan edaran ke sekolah-sekolah, mulai tingkat SD sampai SMP di wilayah Kabupaten Banggai.

“Edaran atau himbauan Pak Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan RI itu, sudah kami teruskan ke sekolah-sekolah mengenai informasi pembelajaran melalui TVRI,” kata Kepala Seksi Kurikulum dan Penilaian, Bidang Pembinaan Pendidikan Dasar, Dinas Pendidikan Kabupaten Banggai, Rudi Budaya kepada Banggai Raya, Senin (13/4/2020).

Menurut dia, program belajar dari rumah di TVRI akan diisi dengan berbagai tayangan edukasi, seperti pembelajaran untuk jenjang PAUD hingga pendidikan menengah. Tayangan bimbingan untuk orang tua dan guru, serta program kebudayaan di akhir pekan, yakni setiap Sabtu dan Minggu. Untuk sementara, program ini direncanakan akan berjalan selama tiga bulan, hingga Juli 2020.

Mendikbud, Nadiem Makarim sebut dia, telah menyampaikan meskipun sudah menjalin kerja sama dengan platform teknologi atau online learning milik swasta untuk memfasilitasi siswa belajar di rumah. Disadari bahwa masih banyak sekolah di daerah yang tidak memiliki akses internet, serta kesulitan menggunakan platform teknologi, hingga keterbatasan dana untuk kuota internet atau pulsa.

Diharapkan, dengan program Belajar dari Rumah ini dapat memperluas akses layanan pendidikan bagi masyarakat di daerah terdepan, terluar, dan tertinggal (3T) yang memiliki keterbatasan akses internet maupun keterbatasan ekonomi.

TVRI kata dia, merupakan saluran gratis yang bisa dinikmati masyarakat di berbagai daerah, dan bisa dimanfaatkan oleh siswa, guru, dan orang tua untuk membantu pembelajaran dari rumah selama Pandemi Covid-19.

“Jadwalnya, setengah jam untuk PAUD, setengah jam untuk kelas 1 sampai kelas 3 SD, setengah jam untuk kelas 4 sampai kelas 6 SD, dan setengah jam masing-masing untuk SMP, SMA, dan parenting,” demikian Rudi Budaya. RUM

Pos terkait