Dinkes Siapkan Call Center Covid-19

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Bupati Banggai Herwin Yatim mengimbau kepada seluruh masyarakat di daerah ini, untuk tidak panik dengan isu yang beredar mengenai wabah virus corona atau Covid-19. Bagi masyarakat yang ingin konsultasi terkait Covid-19, Dinas Kesehatan (Dinkes) Banggai telah menyediakan nomor call center: di nomor : 0852 8169 1921, nomor Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Banggai, Nurmasita Datu Adam.

“Selaku pimpinan daerah ini, saya mengimbau kepada seluruh masyarakat untuk tidak panik menghadapi wabah virus corona atau Covid-19. Kalau merasa ada gejala silakan hubungi call center Dinkes Banggai, untuk konsultasi awal,” ucap Bupati Herwin Yatim kepada Banggai Raya, Selasa (17/3/2020).

Selain itu, Bupati Herwin juga mngajak kepada seluruh masyarakat untuk rutin cuci tangan menggunakan sabun dengan air mengalir atau pembersih tangan lainnya.

Kepala Dinkes Banggai, Anang Otoluwa juga menyampaikan hal senada. Selain menyediakan nomor call center utama, yakni nomor Kabid Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Dinkes Banggai, Nurmasita Datu Adam, saat ini juga sebanyak 26 puskesmas yang tersebar di 23 kecamatan di daerah ini, juga diminta untuk menyediakan call center.

Sementara itu, Kepala RSUD Luwuk, Yusran Kasim mengatakan, untuk kesiapan penanganan jika ada pasien virus corona, sudah ada sejumlah tenaga medis, yakni 1 dokter spesialis paru-paru, 2 spesialis penyakit dalam, 1 spesialisasi laboratorium, 2 spesialis radiologi dan 5 tenaga dokter umum.

Untuk daya tampung ruang isolasi, yakni sebanyak tiga tempat tidur. Namun untuk mengantisipasi, RSUD juga telah menyiapkan satu ruangan tambahan isolagi. Mengenai ketersediaan Alat Pelindung Diri (APD) RSUD Luwuk, saat ini ada dua stok APD dan akan ada tambahan lagi 10 APD yang sementara dalam perjalanan. MAN

Pos terkait