Dinkes Banggai Gelar Pertemuan Evaluasi Kinerja PIS-PK

  • Whatsapp
Kadinkes Banggai, dr. I Wayan Suartika mengabadikan momen saat pembukaan pertemuan evaluasi kinerja PIS-PK. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Banggai menggelar pertemuan dalam rangka koordinasi, analisis data, dan evaluasi kinerja Program Indonesia Sehat dengan Pendekatan Keluarga (PIS-PK).

Pertemuan yang dihadiri kepala-kepala puskesmas dan pengelola PIS-PK se Kabupaten Banggai itu digelar selama dua hari yang dimulai sejak Senin sampai Selasa (23-24/5/2022). Kegiatan ini berlangsung di Hotel Estrella Luwuk.

Bacaan Lainnya

Pertemuan untuk mengevaluasi kinerja PIS PK ini dibuka secara resmi oleh Kadinkes Banggai, dr. I Wayan Suartika, Senin kemarin.

“Kegiatannya dua hari, pesertanya adalah kepala-kepala puskesmas, dan pengelola program PIS-PK,” ujar Kadinkes Banggai, dr. I Wayan Suartika kepada Banggai Raya, Selasa kemarin.

Ia menjelaskan, ini merupakan program nasional. Di mana dua tahun terakhir sedikit terabaikan karena covid melanda. “Sehingga melalui pertemuan ini, bisa jalan kembali sebagaimana mestinya,” harapnya.

Dijelaskan, program Indonesia sehat menjadi program utama pembangunan kesehatan yang kemudian direncanakan pencapaiannya melalui rencana strategis Kementerian Kesehatan. Sasaran dari PIS adalah meningkatnya derajat kesehatan dan status gizi masyarakat melalui upaya kesehaan dan pemberdayaan masyarakat yang didukung financial dan pemerataan pelayanan kesehatan.

Kemudian, program Indonesia sehat dilaksanakan dengan menegakkan tiga pilar utama yakni penerapan paradigma sehat, penguatan pelayanan kesehatan dan pelaksanaan jaminan kesehatan nasional.

“Pendekatan keluarga adalah salah satu cara Puskesmas untuk meningkatkan jangkauan sasaran dan mendekatkan atau meningkatkan akses pelayanan kesehatan di wilayan kerjanya dengan mendatangi keluarga,” tandasnya. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait