Dimutasi, Subrata Kalape Jabat Kabid Kebudayaan Disdik Banggai

BANGGAI RAYA- Subrata Kalape mantan Kepala Bidang Pariwisata, Dinas Pariwisata Kabupaten Banggai sejak Desember 2023 dipindahkan ke Bidang Kebudayaan, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Kebudayaan Banggai.

Pimpinan Komunitas Seni Rompong Luwuk ini saat masih di Bidang Pariwisata, Dispar Banggai memiliki andil atas berhasilnya pelaksanaan Festival Teluk Lalong (FTL) tahun 2022 dan 2023.

Agustus 2022 lalu, Festival Teluk Lalong itu diikuti oleh peserta luar, seperti Philipina, Malaysia, Korea, Mexico dan India,

Festival yang berskala Internasional akan menampilkan kegiatan Pesona Banggai Expo, Folk & ART Performance, Central Celebes Walk, Street Dance Perfomance, Workshop Traditional Dance, Coffe Festival, Culinery & Craft Exhibithion dan Sport Tourism.

BACA JUGA:  Universitas Padjadjaran - Pemda Banggai Tandatangani Kerja Sama Pendidikan 

Event yang bertujuan untuk memperkenalkan dan meningkatkan promosi Pariwisata Indonesia, khususnya Kabupaten Banggai sebagai bentuk komitmen pemerintah daerah atas kebangkitan sektor Pariwisata di Kabupaten Banggai pasca terdampak Covid-19.

Selanjutnya, tahun 2023, kembali digelar event Internasional Teluk Lalong Festival 2023 selama sepekan di Ruang Terbuka Hijau (RTH) Teluk Lalong Luwuk, pada tanggal 24-30 Agustus 2023.

BACA JUGA:  Pemilu di Banggai Laut, Demokrat Unggul Sementara, Putra Bupati Bakal Jadi Caleg Terpilih NasDem

Tujuan pelaksanaan event ITLF 2023 ini, pertama sebagai ajang promosi untuk peningkatan kunjungan wisatawan. Kedua, peningkatan pendapatan ekonomi masyarakat, dan ketiga, peningkatan PAD Sektor Pariwisata.

Peserta delegasi sebanyak 5 negara, yakni Negara Estonia, Thailand, Latvia, Korea Selatan, dan Lithuania.

Kedua iven yang digelar di RTH Teluk Lalong Luwuk, Destinasi Wisata Salodik, Konservasi Maleo Batui, dan lokasi Permandian Kilo 5 tersebut berjalan dengan baik, lancar, dan aman.

BACA JUGA:  Samiun Agi Geser Richard di Perolehan Suara Sementara Partai Demokrat Dapil 4 Sulteng

Saat ini Subrata Kalape dipercayakan untuk memegang Bidang Kebudayaan, Disdikbud Kabupaten Banggai.

Kepada Banggai Raya, Ia mengatakan akan meningkatkan budaya sesuai dengan Undang-Undangan Pemajuan Kebudayaan, yakni 10 budaya.

“Saya sudah di Disdik Banggai, di Kebudayaan. Sejak Desember 2023 kemarin saya dimutasi di Bidang Kebudayaan Disdik Banggai. Saya tetap akan fokus pada 10 objek pemajuan kebudayaan,” kata Subrata Kalape kepada Banggai Raya, Senin (9/1/2024). RUM