Dilaunching, LPKBH FH Untika Siap Beri Bantuan Hukum Secara Cuma-Cuma Bagi Warga Tidak Mampu

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Plt. Rektor Untika Luwuk, Taufik Bidullah SE., M.Si., melaunching secara resmi Lembaga Penelitian, Konsultasi & Bantuan Hukum Fakuktas Hukum (LPKBH-FH) Untika Luwuk, Kamis (14/10/2021) di aula kampus biru tersebut.

Dalam sambutannya, Plt Rektor Taufik Bidullah mengatakan, lauchingnya LPKBH ini menjadi salah satu bukti kemajuan Fakultas Hukum.

Bacaan Lainnya

“Semoga LPKBH-FH Untika menjadi wadah dalam melaksanakan Tri Dharma Perguruan Tinggi khususnya pada Fakuktas Hukum dan umumnya bagi Untika Luwuk itu sendiri,” harapnya.

Mantan Wakil Rektor II Bidang keuangan itu menambahkan, jika semua fakultas bisa berkembang dan maju, tentunya kampus biru juga akan berkembang dan maju.

Sementara itu, Dekan Fakultas Hukum Untika Luwuk, Dr. Andi Munafri menjelaskan apa-apa yang menjadi ruang lingkup kegiatan LPKBH FH Untika Luwuk.

Pertama, LPKHB FH Untika Luwuk siap menjadi wadah konsultasi dan bantuan hukum secara cuma-cuma bagi masyarakat tidak mampuh dalam perkara litigasi maupun non litigasi.

Kedua, konsultasi dan bantuan hukum untuk masyarakat, lembaga pemerintah sebagai badan hukum publik serta badan hukum privat maupun Organisasi Kemasyarakatan dalam perkara litigasi maupun non litigasi.

Ketiga, turut serta melakukan kerja sama dengan Lembaga Penegak Hukum dalam hal penyuluhan hukum, sosialisasi hukum serta dapat berperan aktif dalam kegiatan peningkatan profesionalitas peran lembaga penegak hukum.

Keepat, melakukan Penelitian baik secara mandiri maupun dalam bentuk kerja sama dengan Lembaga pemerintah sebagai badan hukum publik maupun badan hukum privat dan Organisasi Kemasyarakatan;.

Kelima, melakukan eksaminasi terhadap produk hukum pemerintah maupun putusan lembaga peradilan.

Keenam, melakukan legal audit dan legal opinion. Dan Terakhir, melakukan pengembangan perencanaan karir profesi hukum mahasiswa hukum dan alumni yang berprofesi hukum. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait