Dikbud Gelar Kompetisi Sains

BANGGAI RAYA- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Sulawesi Tengah menggelar kompetisi sains nasional (KSN) SMA tingkat Kabupaten Banggai, di SMAN 3 Luwuk, hari ini (Selasa, 10/3/2020). Kompetisi yang diikuti 343 siswa SMA negeri dan swasta di daerah ini, dimulai sekira pukul 08.00 pagi hingga selesai.

Kepala Seksi Pembinaan Peserta Didik, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Sulteng, Husnul mengatakan, kegiatan KSN tingkat kabupaten dilaksanakan secara serentak di seluruh Indonesia. Para peserta telah mendaftar kepada panitia secara online.

BACA JUGA:  Berkas Tiga Bakal Calon Rektor Unismuh Luwuk Resmi Diserahkan ke PWM Sulteng

“Insya Allah, besok (hari ini) akan dilaksanakan kompetisi sains nasional tingkat Kabupaten Banggai, di SMAN 3 Luwuk. Kegiatan ini untuk wilayah V, tim kami terbagi, ada adik-adik kami yang akan ke Banggai Kepulauan dan Banggai Laut, Khusus di Banggai akan dilaksanakan di SMAN 3 Luwuk,” kata Husnul kepada Banggai Raya, di ruang kerja Kacabdis Pendidikan Menengah Wilayah V Sulteng, Senin (9/3/2020).

BACA JUGA:  Kapolsek Pimpin Bersih-bersih Jalanan Kota Luwuk Usai Banjir Kemarin 

KSN kata dia, meliputi sembilan mata pelajaran, yaitu Matematika, Fisika, Kimia, Informatika dan Komputer, Biologi, Astronomi, Ekonomi, Kebumian dan Geografi.

Tujuan dari kegiatan itu kata Husnul, adalah mendapatkan dan mengembangkan siswa bertalenta dan berkarakter dengan prestasi internasional, mampu berkontribusi sebagai perintis pembangunan melalui pengetahuan dan teknologi, untuk mewujudkan bangsa yang unggul.

Serta kata dia, mendorong pemerataan pretasi untuk memaksimalkan penemuan siswa bertalenta dan berkarakter dari seluruh pelosok NKRI. Menciptakan atmosfer berkompetisi dan berprestasi yang sehat, serta mendorong tumbuh kembangnya budaya silih asuh di sekolah dan semua pemangku kepentingan.

BACA JUGA:  Diguyur Hujan Sehari Penuh, Pusat Kota Luwuk Banjir Sampah dan Lumpur

“KSN secara konsisten terus dikembangkan sebagai salah satu program pembinaan olah pikir peserta didik. Kegiatan ini juga sebagai wahana untuk menumbuhkan karakter siswa yang jujur, disiplin, sportif, tekun, kreatif, tangguh dan cintah tanah air,” demikian Husnul. RUM