Diikuti Perwakilan Kecamatan, Bupati Banggai Buka Utsawa Dharma Gita

BANGGAI RAYA. ๐—•๐˜‚๐—ฝ๐—ฎ๐˜๐—ถ ๐—•๐—ฎ๐—ป๐—ด๐—ด๐—ฎ๐—ถ ๐—”๐—บ๐—ถ๐—ฟ๐˜‚๐—ฑ๐—ถ๐—ป, hari Minggu (18/6/2023) membuka pelaksanaan kegiatan ๐™๐™ฉ๐™จ๐™–๐™ฌ๐™– ๐˜ฟ๐™๐™–๐™ง๐™ข๐™– ๐™‚๐™ž๐™ฉ๐™– ๐™ ๐™š-๐™‘ ๐™๐™ž๐™ฃ๐™œ๐™ ๐™–๐™ฉ ๐™†๐™–๐™—๐™ช๐™ฅ๐™–๐™ฉ๐™š๐™ฃ ๐˜ฝ๐™–๐™ฃ๐™œ๐™œ๐™–๐™ž Tahun 2023 di ๐™‹๐™ช๐™ง๐™– ๐˜ผ๐™œ๐™ช๐™ฃ๐™œ ๐™‹๐™–๐™™๐™ข๐™– ๐˜ฝ๐™๐™ช๐™–๐™ฃ๐™– ๐™‡๐™ช๐™ฌ๐™ช๐™ . Kegiatan yang dilaksanakan oleh Lembaga Pengembangan Dharma Gita (LPDG) Kabupaten Banggai ini, seremoni pembukaannya dihadiri oleh pimpinan DPRD Kabupaten Banggai yang diwakili oleh I Putu Gumi, Kepala Kejari Banggai, Pengurus Prajaniti Pusat, Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia Kabupaten Banggai, Pengurus WHDI Kabupaten Banggai, para tokoh agama, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda serta para peserta dari perwakilan kecamatan.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Selaku pembina oraganisasi dan sebagai Pimpinan Pemerintah Kabupaten Banggai, dalam sambutannya Bupati Amirudin mengucapkan terima kasih kepada umat Hindu Kabupaten Banggai yang telah berperan nyata dalam kegiatan pembangunan, khususnya dalam pembinaan umatnya.

Bupati Banggai mengajak segenap masyarakat Kabupaten Kabupaten Banggai utamanya masyarakat umat Hindu, agar kehadiran di atas pentas peradaban manusia dapat menjadi perekat pemersatu umat, dan menjadikan Utsawa Dharma Gita sebagai tombak pembaharuan tekad untuk lebih mengeratkan hubungan sesama antar umat beragama dan bukan sebaliknya.

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

Utsawa berarti festival atau lomba, sedangkan Dharma Gita adalah nyanyian suci keagamaan. Dengan demikian, Utsawa Dharma Gita adalah festival atau lomba nyanyian suci keagamaan Hindu. Oleh karena itu kata Bupati Amirudin, kegiatan ini tentu mempunyai arti yang sangat penting dan mendalam. “Melalui festival atau lomba ini, kemahiran menyanyikan teks-teks keagmaan dapat ditingkatkan, dan lebih dari itu, pemahaman dan pengamalan terhadap makna dari teks tersebut akan dapat dilaksanakan pula dengan lebih baik,” ujarnya.

Pembukaan kegiatan Utsawa Dharma Gita ke-V Tingkat Kabupaten Banggai Tahun 2023 di Pura Agung Padma Bhuana Luwuk ini ditandai dengan pemukulan gong yang dilakukan oleh Bupati Banggai H. Amirudin.

BACA JUGA:  Rayakan IdulAdha, Pekerja JOB Tomori dan Mitra Kerja Salurkan 29 Ekor Hewan Qurban

Sementara itu di bagian lain Ketua LPDG Kabupaten Banggai menyatakan, kegiatan ini merupakan seleksi tahap awal. Seleksi awal ini berlangsung mulai tanggal 18-19 Juni 2023, sedangkan kegiatan seleksi tingkat provinsi, akan dimulai pada tanggal 17 Juli 2023 di Kabupaten Morowali Utara. Rencananya LPDG Kabupaten Banggai mengirimkan peserta 51 orang offisial sebanyak 12 orang.**

Pos terkait