Diikuti 29 Peserta, Pemdes Tananagaya Mamosalato Gelar Pelatihan Menjahit

  • Whatsapp
Puluhan ibu-ibu di Desa Tanagaya, Mamosalato mengikuti pelatihan menjahit. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Pemerintah Desa Tananagaya, Kecamatan Mamosalato, Kabupaten Morowali Utara menggelar pelatihan menjahit untuk kaum ibu-ibu yang dimulai sejak Kamis (15/10/2021) di Balai Desa setempat.

Kegiatan pelatihan ini merupakan tahap kedua yang dilakukan Pemdes Tananagaya. Dan untuk tahap satu telah selesai pada tahun 2020, dengan sumber yang sama yakni dana desa.

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Tananagaya, Samsudin Galendo yang dikonfirmasi Banggai Raya, Jumat (15/10/2021) mengatakan, pelatihan ini diikuti 29 peserta, dari kalangan ibu-ibu.

Adapun pelatih atau instruktur dalam pelatihan ini, Pemdes mendatangkan pelatih dari Guru SMK di Kota Luwuk, dan Toili. “Ada juga dari Tananagaya sendiri yang telah memiliki sertifikat sertifikat keterampilan di Bidang Menjahit,” ujarnya.

Dalam pelatihan ini, peserta begitu antusias dan bersemangat.  Karena di samping dilatih, Pemdes juga menyiapkan mesin jahit untuk kelangsungan ibu-ibu di kemudian hari.

“Jadi kita buat per kelompok. Nanti kegiatan usahanya ini akan dimodali Bumdes Karya Mandiri Desa Tananagaya. Untuk mesin jahit, kita sudah ada sebanyak lima buah dan satu Mesin Obras pengadaannya dana desa tahun 2020 lalu,” jelas Samsudin Galendo.

Kades Samsudin Galendo berharap, melalui pelatihan menjahit ini, ibu-ibu di desanya bisa lebih mandiri, tangguh dan berinovasi meski di tengah masa pademi. (*)

Penulis: Jajad

Pos terkait