Didoakan ‘Matinya Mengenaskan’, Masih Juga Ada Warga yang Bandel Buang Sampah Sembarangan

MESKI sudah diimbau dan didoakan matinya mengenaskan, masih saja ada warga yang bandel memuang sampah sembarangan. FOTO: IST

BANGGAI RAYA- Berbagai cara dilakukan agar masyarakat sadar untuk tidak membuang sampah sembarangan demi menjaga lingkungan yang bersih dan sehat. Upaya itu seperti dengan memasang baliho larangan, dan dibumbui dengan kata-kata ancaman.

Namun anehnya, meski sudah dilarang melalui baliho, dan didoakan ‘matinya mengenaskan’, masih saja ada oknum warga yang bandel membuang sampah sembarangan. Hal itu seperti terjadi di kompleks RT 08, BTN Bukit Mambual, Kelurahan Bukit Mambual, Kecamatan Luwuk Selatan.

Masih adanya oknum warga yang membuang sampah sembarangan, tentunya membuat warga lainnya geram. Padahal, sudah disediakan container sampah dan saat ini perumahan tersebut mendapatkan bantuan tong sampah dari pemerintah daerah, melalui Dinas Lingkungan Hidup.

BACA JUGA:  Rayakan IdulAdha, Pekerja JOB Tomori dan Mitra Kerja Salurkan 29 Ekor Hewan Qurban

Sejumlah warga menilai, aksi oknum warga yang membuang sampah sembarangan itu patut dikenakan sanksi. Jangan sampai hanya dibiarkan dan akan menjadi kebiasaan buruk.

Kemudian, ada juga warga yang menyebut, oknum warga yang masih membuang sampah sembarangan itu tidak tahu membaca baliho yang dipajang di tingkungan jalan masuk dan keluar di BTN tersebut.

“Mungkin satu keluarga tidak ada yang tahu membaca,” cetus warga, Minggu malam (16/10/2022).

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

Adapun isi baliho yang dipajang itu sebagai berikut. Ditulis, himbauan.Dilarang buang sampah di seputaran sini! Buanglah sampah pada container sampah yang telah disediakan (Cuma 20 meter dari sini).

“BARANG SIAPA YG MASIH NEKAT MEMBUANG SAMPAH DI SEPUTARAN SINI, SEMOGA MATI MU MENGENASKAN & JASAD MU BAU SEPERTI SAMPAH YG ANDA BUANG.. KARNA SETIAP ANDA MEMBUANG SAMPAH DI SEPUTARAN SINI, MAKA ADA RIBUAN UMAT MENDOAKAN KEBURUKAN UNTUK MU” keterangan dalam baliho itu.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Menyikapi masih adanya warga yang membuang sampah sembarangan, Lurah Bukit Mambual, Juhriati Lasadam S.Sos., pun angkat bicara.

Lurah mengimbau kepada seluruh masyarakat agar senantiasa menjaga kebersihan lingkungan masing-masing, di mana setiap rumah maupun lingkungan harus proaktif. Utamanya membuang sampah pada tempat yang telah disediakan.

“Karena apabila lingkungan bersih, itu salah satu ciri orang yang beriman kepada sang pencipta. Dan pastinya apabila lingkungan selalu bersih, maka kesehatan akan selalu terjaga. Seperti nyamuk yang menyebabkan demam berdarah dan lain sebagainya,” demikian Lurah Juriati Lasadam. (*)