Deteksi Corona, Pemda Banggai Siapkan Alat Rapid Test

BANGGAI RAYA- Pemerintah Kabupaten Banggai akan melakukan rapid test atau pemeriksaan cepat sebagai deteksi dini untuk mengetahui seseorang terpapapar wabah Corona Virus (Covid-19). Hal itu ditegaskan Bupati Banggai Herwin Yatim saat pertemuan bersama seluruh pimpinan OPD, di Kantor Bupati Banggai, Selasa (7/4/2020).

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

Penggunaan rapid test akan mulai diuji coba dalam beberapa hari kedepan. “Dalam beberapa hari kedepan kita akan memulai pemeriksaan menggunakan rapid tes,” kata Herwin.

Pemeriksaan dengan rapid test dimulai di bandara dan pelabuhan. “Nantinya setiap penumpang akan diperiksa dengan rapid test,” tuturnya.

BACA JUGA:  Alasan Ahmad Ali Dukung Sulianti Murad, Tinggalkan Amirudin

Sementara itu, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Banggai, Anang Otoluwa mengungkapkan bahwa rapid test akan digunakan secara proporsional. “Fokus kami adalah mereka yang datang dari zona merah,” kata Anang.

Ia menjelaskan, tak kurang dari 10.000 alat rapid test rencananya disiapkan guna mendukung pencegahan Covid-19. “Jika hasil pemeriksaan positif, maka langsung dikarantina atau isolasi,” terangnya.

BACA JUGA:  Ribuan Warga Toili Sambut Ahmad Ali-Sulianti Murad

Adapun dalam mendukung percepatan penanganan Covid-19, Pemerintah Kabupaten Banggai atau Tim Gugus Khusus Percepatan Pencegahan Covid-19 akan menyiapkan sejumlah gedung sebagai alternatof lokasi karantina seperti Asrama Haji, Gedung Maleo Bandara dan Rumah Sakit Pratama Pagimana. NAL