Desa Tontouan Dicanangkan Menjadi Kampung Pancasila

BANGGAI RAYA- Desa Tontouan, Kecamatan Luwuk dicanangkan sebagai Kampung Pancasila, Selasa (15/11/2022). Sebab disana kehidupan sosial kemasyarakatan begitu beragam, mulai penganut agama yang bermacam – macam, semua hidup rukun beitu indah.

Kegiatan pecanangan kampung Pancasila dilaksanakan sebagai bentuk kepedulian dalam rangka upaya menjaga berdiri tegaknya Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).  

Sekretris Daerah Kabupaten Banggai, Abdullah Ali mewakili Bupati Banggai mengatakan, Bangsa Indonesia dengan berbagai latar belakang suku, agama, budaya, dan adat istiadat, dan bahasa yang telah hidup berdampingan secara damai selama berabad abad. “Demikian pula kabupaten Banggai yang di huni oleh masyarakat berlatar belakang, suku, budaya dan agama yang variatif sebagai ideologi negara Pancasila menjadi pondasi dalam kehidupan bernegara dan bermasyarakat. Sejalan itu semboyan bangsa “Bhinneka Tunggal Ika” yang tidak dapat dipisahkan dari pancasila,” katanya.

BACA JUGA:  Harga Gas Elpiji Tembus Rp60 ribu, Akademisi : Pemda Harus Tegas Pada Pangkalan

Dalam kesempatan tersebut Abdulah Ali mengucapkan trimah kasih dan penghargaan yang setinggi tingginya kepada Komando Rayon militer 1308 / 01/ Luwuk dan semua pihak terkait, yang telah menyelenggarakan kegiatan ini, sehingga dapat berjalan dengan baik dan lancar.

BACA JUGA:  Lima Mahasiswa Unismuh Luwuk Ikuti ONMIPA-PT Tingkat LLDIKTI XVI, Ini Daftar Namanya!

Ia juga mengajak semua pihak senantiasa menjaga harmonisasi kehidupan ,serta mengedepankan semangat kebersamaan, toleransi dan persatuan dan kesatuan.

BACA JUGA:  Naas! Lakalantas di Masama Banggai, Dua Pemotor Alami Patah Tulang

Di akhir sambutan, Abdullah Ali menekankan bahwa Pancasila adalah idiologi bangsa yang wajib dijiwai dipertahankan dan dilaksanakan dalam setiap aspek kehidupan kita. “Saya berpesan kampung Pancasila wajib dimanfaatkan secara optimal untuk membentuk jiwa-jiwa dan kepribadian Pancasila dalam diri anak cucu kita, sebagai pemegang tongkat kepemimpinan di masa depan,” tuturnya. NAL*

Pos terkait