Desa Lauwon Jadi Percontohan Kampung CSR

  • Whatsapp
PELUNCURAN program Kampung CSR di Desa Lauwon, Luwuk Timur. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Desa Lauwon, Kecamatan Luwuk Timur, menjadi salah satu desa yang menjadi pilot project atau pencontohan dalam program Kampung Cerdas, Santun dan Religius (CSR).

Program Kampung CSR merupakan murni gagasan dari Pengadilan Agama yang bekerjasama dengan Karang Taruna Kabupaten Banggai.

Bacaan Lainnya

“Kegiatan ini murni dari kami (PA) dan Karang Taruna.Tidak ada embel-embel politik,” ujar Ketua PA Luwuk, Mustafa saat peluncuran program CSR di Balai Desa Lauwon, Sabtu (18/9/2021).

Implementasi Kampung CSR kata Mustafa, akan menjadi program andalan PA dan pertama di Indonesia. Dan ini merupakan wujud tanggungjawab keumatan.

“Terima kasih pak camat yang sudah hadir bersama kami. Apalagi Kampung CSR ini juga sesuai dengan tagline pak Bupati kita. Jadi kita semua harus mendukung,” kata Mustafa yang disambut tepuk tangan warga.

Senada dengan Ketua PA, Wakil Ketua PA Luwuk, Nirmaidah menekankan, pentingnya seluruh warga Desa Lauwon menjalin kebersamaanya.

“Kami dari PA, akan selalu bersama sama Karang Taruna siap selalu memberikan pelayanan kepada masyarakat. Khususnya hal hal yang berkaitan dengan kewenagan Pengadilan Agama. Bukan itu saja, kalau ada kegiatan bakti sosial yang dilaksanakan, kami siap berpartisipasi,” ucapnya.

Sementara itu, Camat Luwuk Timur, Ab Lasantu menyampaikan, pihaknya siap mensupport suksesnya program CSR tersebut.

“Ini adalah kegiatan yang luar biasa. Alhamdulillah, saya selaku camat berterimakasih atas kepercayaan dari Ketua PA dan Ketua Karang Taruna. Yang telah mempercayakan Desa Lauwon sebagai percontohan kampung CSR. Insya Allah, kedepan bisa dilaksanakan di desa desa lain yang ada di luwuk Timur,” harap Camat.

Menurutnya, Desa Lauwon adalah wilayah yang memiliki potensi luar biasa. Sehingga tinggal bagaimana mengembangkan potensi yang ada itu.

Ketua Umum KT kabupaten Banggai, Irfan Bungaadjim menegaskan, Karang Taruna Desa Lauwon akan menjadi pelopor utama implementasi Kampung CSR.

“Saya minta kepada Ketua KT desa lauwon untuk menyiapkan 25 orang KT desa, untuk menjadi pelopor dan penggerak Kampung Csr. Pilih 25 orang pengurus yang siap bekerja untuk umat dan masyarakat,” ujar IB, sapaan akrabnya.

IB pada kesempatan itu juga, telah memporsikan program budi daya ikan air tawar. Ini dalam rangka pemberdayaan untuk peningkatan ekonomi Karang Taruna.

“Ini adalah program Karang Taruna Banggai hanya penempatannya di Desa Lauwon yang dikolaborasikan dengan KT Desa,” kata IB yang disambut tepuk tangan warga.

Dalam kesempatan itu, Kades Lauwon, Aki Lakilaha mengucapkan terimakasih kepada PA dan KT Banggai yang sudah memilih desanya sebagai percontohan.

“Saya atas nama masyarakat mengucapkan terimaksih kepada Ketua PA, Wakil Ketua PA dan Ketua Karang Taruna Banggai yang sudah memberikan kepercayaan kepada Desa Lauwon,” ucapnya.

Sekedar diketahui, pada kesempatan itu, PA Luwuk juga memberikan bingkisan sembako untuk 48 warga. Ini dilakukan sebagai bentuk kepedulian kepada masyarakat di tengah pandemi.

Selain itu, Karangtaruna Kabupaten Banggai, juga akan memberikan program pemberdayaan yakni budidaya ikan air tawar. Ini diporsikan untuk Karang Taruna Desa Lauwon. (*)

Penulis: Jajad Sudrajad

Pos terkait