Demi Penanganan Corona, Dewan Pangkas Perjalanan Dinas Rp1 M

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA– DPRD Banggai memangkas anggaran perjalanan dinas tahun 2020 sebesar Rp1 miliar lebih untuk membantu penanganan atau pencegahan penyebaran Covid-19 alias Virus Corona Disease. Hal itu terungkap dalam rapat Badan Musyawarah (Banmus) DPRD Banggai, di ruang sidang DPRD Banggai, Selasa (31/3/2020).

Dalam rapat yang dipimpin Ketua DPRD Banggai, Suprapto itu, terungkap bahwa anggaran tersebut diambil dari item pembiayaan perjalanan dinas baik dalam daerah maupun luar daerah sekretariat dan 35 anggota DPRD Banggai.

Bacaan Lainnya

Dana sebesar Rp1 miliar lebih itu, terdiri dari perjalanan dinas dalam dan luar daerah Sekretariat DPRD Banggai sebesar Rp150 juta, dan perjalanan dinas dalam dan luar daerah pimpinan dan anggota DPRD Banggai sebesar Rp939.068.691.

Total anggaran perjalanan dinas DPRD Banggai tahun anggaran 2020 yang dipangkas untuk membantu penanganan atau pencegahan penyebaran Covid-19, sebesar Rp Rp1.089.068.691.

Ketua DPRD Banggai,  Suprapto mengatakan, akan melakukan rapat bersama dengan Tim Anggaran Pemerintah Daerah (TAPD) untuk membahas terkait revisi anggaran untuk penanganan Covid-19.

“Ya, segera dilakukan rapat bersama dengan Pemda Banggai, dalam hal ini TAPD. Agar supaya kita bisa secepatnya mengambil langkah atau persiapan, terutama terkait anggaran untuk penanganan virus corona. Nanti kita melihat mana program yang skala prioritas dan mana yang belum,” ujar politisi PDIP itu.

Hal itupun disepakati sejumlah anggota DPRD Banggai yang kala itu hadir dalam rapat tersebut. Seperti halnya Ketua Komisi II, DPRD Banggai, Sukri Djalumang. Politisi Nasdem ini mengaku, sangat mendukung terkait dengan pemangkasan anggaran perjalanan dinas DPRD Banggai tahun anggaran 2020 tersebut untuk penanganan Civod-19.

“Saya kira ini perlu. Akan tetapi, kita perlu melakukan rapat bersama dengan Pemda Banggai dalam melakukan penyediaan anggaran yang lebih besar lagi untuk penanganan Covid-19,” terangnya.

Hal serupa juga disampaikan anggota DPRD Banggai, Winanci Ndobe. “Ya, kami sangat-sangat mendukung terkait dengan pemangkasan anggaran perjalanan dinas itu untuk penanganan Covid-19,” jelas politisi Gerindra ini.

Sementara itu, anggota DPRD Banggai, Nasir Himran meminta, agar penanganan Covid-19 itu, selain untuk kemaslahatan rakyat, yang tak kala penting juga dilakukan pencegahan di lingkungan kantor DPRD Banggai. “Kita juga di sini (kantor dewan) perlu dipasangkan bilik sterilisasi. Hal itu tidak lain untuk melakukan pencegahan bersama,” tuturnya. URY