Dampak Banjir Bunta, Pemda Banggai Segera Undang Investor Tambang!

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Sejumlah desa di kecamatan Bunta, Kabupaten Banggai ditejang banjir beberapa waktu lalu. Salah satu wilayah terparah adalah Desa Tuntung dan Pongian. Banjir di Desa Tuntung dan Pongin tidak hanya disebabkan oleh curah huja cukup tinggi, namun karena aktivitas pertambangan menjadi keluhan warga.

Hal tersebut direspon oleh Wakil Bupati Banggai, Furqanuddin Masulili saat meninjau lokasi banjir di Desa Tuntung dan Pongian, Senin (20/6/2022).

Bacaan Lainnya

Wakil Bupati Furqanuddin mengatakan bahwa pemerintah daerah akan segera mengundang para investor tambang di wilayah Kecamatan Bunta. “Langkah yang kami lakukan adalah mengundang dalam waktu dekat para investor khususnya yang ada di Kecamatan Bunta, karena sudah ada 2 desa yang terdampak secara langsung yaitu Desa Tuntung Dan Desa Pongian,” kata Wabup

Wabup mrnambahkan terkait dengan izin pertambangan menjadi Kewenangan pmerintah pusat, dan bukan lagi kewenangan pemerintah kabupaten,bahkan Kewenangan pemerintah provinsi juga di tarik ke pusat.

“Insya Allah data yang sudah ada kami dapatkan di lapangan nantinya akan kami sampaikan langsung kepada pengambil keputusan yang ada di pemerintah pusat, inilah yang bisa kami lakukan, karena kalau kami misalnya langsung menutup Izin pertambangan tentunya itu bukan kewenangan kami lagi,” tutur Wabup Furqanuddin. NAL

Pos terkait