CSR DSLNG Geliatkan Ekonomi Masyarakat

  • Whatsapp
MANAGER CSR PT. Donggi Senoro LNG, Pandit Pranggana saat memberikan sambutan di acara pembukaan Festival UMKM 2022. FOTO: RUM LENGKAS

BANGGAI RAYA- Prgram Corporate Social Responsibily (CSR) di sektor ekonomi manajemen PT. Donggi Senoro LNG adalah upaya meningkatkan mata pencaharian masyarakat dan pengembangan ekonomi lokal di sekitar wilayah kerja.

PT. DS LNG bersinergi dengan Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Banggai menghidupkan kembali para pelaku usaha yang terdampak Covid-19 dengan menggelar Festival UMKM 2022, di RTH Teluk Lalong Luwuk yang digelar selama tiga hari, mulai tanggal 11-13 Januari 2022.

Bacaan Lainnya

Manager CSR PT. Donggi Senoro LNG, Pandit Pranggana mengatakan, salah satu misi PT. Donggi Senoro LNG adalah menjadi perusahaan LNG yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan.

“Dalam implementasi program tanggung jawab sosial dan lingkungan, posisi DSLNG adalah sebagai mitra dengan stakeholder dan masyarakat. DSLNG tidak menggantikan peran dan tanggung jawab pemerintah, dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM yang bertanggung jawab sebagai pembina koperasi dan UKM di Kabupaten Banggai,” kata Pandit Pranggana saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Festival UMKM 2022.

Ia mengatakan, Festival UMKM 2022 adalah bagian dari bentuk kemitraan antar DSLNG dengan Diskop dan UKM Kabupaten Banggai. Festival UMKM 2022 ini merupakan sebuah milestone (tonggak pencapaian) perkembangan UMKM di Kabupaten Banggai khususnya setelah menghadapi badai Pandemi Covid-19.

“Harapan kami, tentunya kegiatan ini dapat membangkitkan semangat para pengusaha UMKM untuk kembali menggerakkan roda-roda perekonomian di Kabupaten Banggai,” harapnya.

UMKM merupakan pilar terpenting dalam perekonomian Indonesia. Berdasarkan data Kementerian Koperasi dan UKM, jumlah UMKM saat ini mencapai 64,2 juta dengan kontribusi terhadap PDB sebesar 61,07 persen atau senilai 8,573 triliun rupiah.

Kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi kemampuan menyerap 96 persen dari total tenaga kerja yang ada, serta dapat menghimpun sampai 60,4 persen dari total investasi. Namun, tingginya jumlah UMKM di Indonesia juga tidak terlepas dari tantangan yang ada, salah satunya yaitu Pandemi Covid-19.

“Adanya Pandemi Covid-19 yang melanda Indoensia dan dunia memberikan dampak signifikan bagi kemajuan perekonomian khususnya bagi para pelaku UMKM, begitu juga di Kabupaten Banggai. Sehingga kota masih harus terus beradaptasi dengan kebiasaan baru dan mengikuti protokol Covid-19 demi mencegah penyebaran virus dan menjaga kesehatan kita, keluarga dan masyarakat,” ujarnya.

Namun kata dia, seperti kata mutiara”Man Jadda Wa Jadda” siapa yang bersunggu-sungguh akan berhasil. Apapun yang dilakukan secara bersungguh-sungguh serta konsisten, maka akan mendapatkan hasilnya. Karena usaha tidak pernah mengkhianati hasil, maka CSR DSLNG bekerjasama dengan Dinas Koperasi dan UKM tetap optimis untuk dapat beradaptasi melaksanakan program pengembangan ekonomi masyarakat.

“Salah satunya melalui penguatan UMKM di Kabupaten Banggai, khususnya wilayah binaan PT Donggi Senoro LNG. Festival UMKM 2022 menjadi momentum kebangkitan para pelaku UMKM pasca Pandemi Covid-19. Melalui kegiatan ini, kami ingin mengajak semua UMKM yang ada di Kabupaten Banggai untuk bangun, bergerak, beradaptasi dan berinovasi untuk kemajuan perekonomian masyarakat Kabupaten Banggai melalui UMKM,” tuturnya. (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas
Editor: Sutopo Enteding

Pos terkait