Cloosing Ceremony OPA tahun 2023, DS-LNG Serahkan Sertifikat pada 8 Peserta

BANGGAI RAYA- PT. Donggi Senoro LNG menggelar Cloosing Ceremony Operator Program Aprenticeship (OPA) Tahun 2023 yang dirangkaikan dengan pemberian Certifikat Of Completion kepada 8 peserta OPA. Kegiatan dilaksanakan sekira pukul 08.00 Wita, di Hotel Swiss Belinn Luwuk, Kabupaten Banggai, Senin (19/2/2024).

Cloosing OPA bagi 8 peserta yang telah mengikuti magang selama 1 tahun, sejak 07 Februari 2023 hingga 06 Februari 2024 ini, dihadiri Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, Ernaini Mustatim, SH, MH. Operation Director PT. Donggi Senoro LNG, Betantyo Madyantoro dan Corporate Affairs Director PT Donggi-Senoro LNG, Drajat Iman Panjawi yang hadir secara Virtual, Senior Manager dan Manager, beserta Pekerja PT. Donggi Senoro LNG, serta Instruktur Teknis OPA 2023, dan peserta OPA Kabupaten Banggai.

Operation Director PT. Donggi Senoro LNG, Betantyo Madyantoro dalam sambutannya mengatakan, program OPA ini dikembangkan bersama-sama antara Divisi Sumber Daya Manusia dan Divisi Operasi di PT. DSLNG.

Dalam pelaksanaannya, PT Donggi-Senoro LNG bekerjasama dan berkolaborasi dengan PPSDM Migas Cepu yang telah terakreditasi dan tersertifikasi dalam melaksanakan pelatihan, serta juga bekerja sama dengan Lembaga Bahasa English First dalam upaya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris.

“Dengan pola kerjasama ini, program ini didukung oleh tenaga pelatih dan pembimbing yang telah berpengalaman dan ditunjang dengan sarana dan prasarana yang baik,” katanya.

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Lebih lanjut, Ia menjelaskan, program OPA ini bertujuan untuk mempersiapkan calon tenaga kerja muda untuk menghadapi dunia kerja, khususnya di bidang industri gas alam cair atau LNG, dan membangun kompetensi calon tenaga kerja muda Propinsi Sulawesi Tengah, khususnya di Kabupaten Banggai.

Selama program sambung Betantyo, peserta mempelajari kompetensi terkait pekerjaan sebagai operator lapangan (Field Operator) LNG mengacu pada skema kompetensi yang telah ditentukan, baik dipandu oleh institusi pelatihan eksternal maupun dipandu langsung oleh instruktur internal yang sudah tersertifikasi oleh BNSP.

“Kami berharap bahwa program ini bisa memberikan sumbangan yang sangat berarti kepada para generasi muda di Kabupaten Banggai sejalan dengan komitmen kami untuk menjadi perusahaan LNG yang bertanggung jawab secara sosial dan lingkungan. Mudah-mudahan Tuhan memberkati kita semua, dan mengantarkan kesuksesan bagi adik-adik peserta OPA 2023. Amiin,” pungkasnya.

Sementara itu, Industrial Relation & Site HR Manager, Sagung Swandono menambahkan, PT. Donggi Senoro LNG telah memberikan kesempatan bagi putra-putri di wilayah Kabupaten Banggai untuk mengembangkan bakat dan keterampilan, khususnya di bidang operasi melalui program pemagangan operator atau Operator Program Apprenticeship (OPA).

“Adapun jumlah aplikasi yang kami terima pada proses seleksi OPA 2023 ini adalah sebanyak 60 aplikasi. Dari 60 aplikasi, selanjutnya dilakukan pemeriksaan administrasi dan persyaratan lainnya, sehingga diperoleh 15 kandidat. Dan 15 kandidat tersebut diundang untuk mengikuti tes Psikometri dan tes kemahiran berbahasa Inggris, serta tes tertulis dan wawancaraa teknis oleh Asesor Ekternal. Dari 15 kandidat, maka diperoleh 8 kandidat yang dinyatakan lolos dan terpilih menjadi peserta program pemagangan operator di tahun 2023,” kata Sagung Swandono.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Ke-8 orang pesertaa program tersebut saat ini telah duduk ditengah-tengah taamu undangan, mereka adalah Anggun Ainun dari Kecamatan Batui dari Universitas Islam Malang, jurusan Teknik Sipil, Hendy Hendrawan Latuba asal Luwuk Utara dari Institut Sains dan Teknologi Akprind Yogyakarta, jurusan Teknik Geologi. Moh. Ishak Sidjong asal Kecamatan Kintom dari Universitas Tompotika Luwuk, jurusan Teknik Sipil. Jerista Tumba Ruru asal Kecamatan Moilong dari STT Migas Balikpapan, jurusan Teknik Perminyakan.

“Muhammad Akhriz Riansyah asal Kecamatan Luwuk dari Universitas Muhammadiyah Luwuk, jurusan Teknik Sipil. Muthmainnah asal Luwuk Selatan dari Universitas Hasanuddin Makassar, jurusan Teknik Sipil. Muh. Farhan Basrewan asal Luwuk dari Universitas Pertamina Jakarta, jurusan Teknik Perminyakan, dan Wicak Aji Santoso asal Luwuk dari Universitas Ahmad Dahlan Yogyakarta, jurusan Teknik Kimia,” urainya.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai, Ernaini Mustatim mewakili Bupati Banggai dalam sambutannya, memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada PT. Donggi Senoro LNG yang telah melaksanakan Operator Program Aprenticeship (OPA) beberapa tahun terakhir ini.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Cloosing Ceremony OPA tahun 2023 tersebut diisi dengan Testomonial dari peserta OPA 2023 yang diwakili oleh Muthmainnah. Sambutan dari Internal Instruktur, kemudian Testimonial dari Operations Management yang diwakili oleh Sugeng Eko Prasetyo selaku Operations Superintendent.

Dilanjutkan dengan pemberian sertifikat atau Certifikat Of Completion kepada peserta OPA secara simbolis yang akan diwakili oleh Wicak Aji Santoso dan diberikan oleh Sugeng Eko Prasetyo sebagai perwakilan managemen.

Selanjutnya pemberian sertifikat kepada Intruktur Internal yang diserahkan oleh Arief Agung Lestari. Kemudian pemutaran Video Kaleidoskop OPA 2023.

“Managemen dan kolega PT. Donggi Senoro LNG mengucapkan terima kasih kepada perwakilan media Kabupaten Banggai dan pihak-pihak terkait yang telah membantu suksesnya OPA dan Cloosing Ceremony hari ini (Senin).PT. DS LNG tetap berkomitment untuk meningkatkan kapasitas angkatan kerja muda di Banggai dalam bidang Migas. Namun saat ini, kami belum dapat memastikan apakah program OPA 2024 akan dilaksanakan dalam waktu dekat. Kami akan memantau perkembangan dan memberikan informasi lebih lanjut sesuai kebutuhan,” tutup pembawa acara yang juga salah satu Alumni OPA angkatan pertama tahun 2021, yang saat ini bekerja di PT. DS-LNG. RUM