Cegah Corona Dengan Terapkan Perilaku Hidup Sehat

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Menindaklanjuti himbauan Dinas Kesehatan (Dinskes) Kabupaten Banggai, Puskesmas Simpong, Kecamatan Luwuk Selatan melakukan sosialisasi pengetahuan dasar tentang Virus Corona (Covid-19) dan upaya pencegahannya kepada masyarakat yang berobat di puskesmas tersebut, Senin (16/3/2020).

Petugas Puskesmas Simpong, dr. Trimuliyati Ali mengatakan, awal terjadinya kasus virus corona pada bulan Desember, di Wuhan, China. Namun seiring waktu, Covid-19 itu merebak ke beberapa negara di belahan dunia, termasuk Indonesia. Bahkan, di Indonesia beberapa provinsi sudah ada pasien yang dinyatakan positif Corona.

Namun, dr. Tri memastikan, untuk Kabupaten Banggai saat ini belum ditemukan kasus tersebut. “Jadi untuk Kabupaten Banggai belum ada laporan, tapi kita tetap harus waspada. Dan tida perlu panik, karena kepanikan itu bisa menurunkan imunitas tubuh kita,” ujar dr. Tri dalam sosialisasinya.

Untuk mencegah penyebaran Virus Corona kata dr Tri, ada beberapa langkah yang bisa dilakukan. Pertama, membiasakan perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS). “Apa itu PHBS? Pertama sering-sering mencuci tangan. Jadi mencuci tangan itu sangat penting. Terutama setelah kita memegang sesuatu yang tidak steril atau bersalaman dengan orang lain,” katanya.

Upaya kedua, untuk mencegah penyebaran Virus Corona lanjut dia, menghindari tempat-tempat keramaian. “Kenapa sekarang sekolah diliburkan, itu salah satu upaya untuk menimalisir penyebaran Virus Corona. Karena bapak ibu, sampai saat ini penyakit Covid-19 ini belum ada obatnya,” tuturnya.

Kemudian, ia juga mengimbau kepada masyarakat untuk meningkatkan kekebalan tubuh dengan cara perbanyak makanan bergizi, perbanyak minum air hangat dan istirahat yang cukup. “Kalau kita banyak beraktivitas, kekebalan tubuh kita akan berkurang. Jadi istirahatlah yang cukup, batasi ke tempat keramaian,” terangnya.

Pada kesempatan itu, ia juga mengingatkan kepada anak-anak sekolah agar tidak keluar atau jalan-jalan ke tempat keramaian. Istirahat yang cukup, dan makan-makanan bergizi, serta gunakan alat pelindung diri. Alat pelindung diri ini, untuk mencegah penyebaran virus. “Setelah pulang dari sini (Puskesmas), langsung ganti baju dan jangan pakai baju secara berulang,” pesannya. JAD

Pos terkait