Capaian Vaksinasi Warga Banggai Tergolong Rendah

  • Whatsapp
RAKOR Penanganan Covid-19 dan Evaluasi Pemberlakukan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kabupaten Banggai. FOTO: ZAINUDDIN

BANGGAI RAYA- Kabupaten Banggai masih bertahan di Level 3 Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM). Demikian dikatakan Wakil Bupati Banggai Furqanuddin Masulili saat memimpin Rapat Koordinasi (Rakor) Penanganan Covid-19 dan Evaluasi Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) di Kantor Bupati Banggai, Selasa malam (21/9/2021).

“Kabupaten Banggai masih bertahan di level 3. Salah satu indikator yang menyebabkan Banggai masih bertahan di level 3, karena capaian vaksinasi yang rendah,” katanya.

Bacaan Lainnya

Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Banggai, Anang Otoluwa membenarkan jika capaian vaksinasi di Kabupaten Banggai masih jauh dari target yang ditetapkan pemerintah.

Menurut Anang, Kabupaten Banggai diberikan target vaksinasi 263.494 orang. ” Saat ini baru mencapai dosis satu 44.726 atau 17 persen, kemudian dosis dua 21. 226 atau 8 persen. Khusus untuk lansia capaian kita sudah 3.000 atau 12 persen,” katanya.

Anang menjelaskan salah saru syarat yang harus dipenuhi untuk bisa ke level 2 adalah capaian vaksinasi minimal 50 persen untuk umum, kemudian vaksinasi lansia harus lebih dari 40 persen. “kita masih selisih sekitar 30 persen secara umum, kemudian lansia masih sekitar 28 persen,” ujarnya.

Anang menambahkan, masalah lain yang menjadi hambatan adalah kinerja tracing yang masih kategori terbatas. “Yang harus dilakukan ke depan adalah menginput data tracing yang dimulai dengan pelatihan penggunaan aplikasi silacak yang diikuti seluruh tracer di Kabupaten Banggai. Kemudian untuk dua minggu kedepan perlu dicapai vaksinasi sebanyak 97 ribu untuk bisa mencapai 50 persen. Tentunya hal ini perlu dukungan kita semua,” pinta Anang. (*)

Penulis: Zainuddin Lasita

Pos terkait