Cabut Pohon Sawit Milik Sawindo di Tanah Banggai!

  • Whatsapp
Salah satu massa aksi, petani asal Batui menangis histeris di pelukan anggota Sat Pol PP saat berunjuk rasa di pelataran Kantor DPRD Banggai. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Warga Kecamatan Batui, Kabupaten Banggai yang merasa dirugikan oleh perusahaan perkebunan kelapa sawit PT Sawindo Cemerlang meminta agar pohon sawit yang ditanam perusahaan di lahan mereka, dicabut saja, agar mereka bisa memanfaatkan lahan tersebut untuk bertani.

Ungkapan kekesalan itu disampaikan Widya, salah satu warga yang berunjuk rasa di DPRD Banggai, saat ditemui Bupati Amirudin bersama ketua dewan Suprapto dan sejumlah anggotanya, Selasa petang (5/7/2022).

Bacaan Lainnya

Widya bersama puluhan warga yang telah berunjuk rasa berulang kali mengatakan bahwa mereka sudah sangat dirugikan, karena lahan mereka diserobot perusahaan perkebunan yang berada di bawah group Kencana Agri tersebut, kemudian ditanami sawit dan hasilnya tidak jelas untuk warga.

Penyelesaian yang coba dilakukan Pemda Banggai melalui pokja bentukan bupati kata dia, juga belum membuahkan hasil optimal untuk warga.

Karenanya kata Widya, mereka meminta bupati mengeluarkan rekomendasi agar PT Sawindo mencabut pohon sawit yang ditanam di atas lahan milik warga, agar lahan tersebut bisa mereka gunakan untuk berkebun sendiri dan menanam tanaman sesuai keinginan pemiliknya.

Meski demikian, permintaan warga itu tak langsung diamini bupati. Ia mengatakan bahwa pemda akan mengagendakan pertemuan membahas penyelesaian persoalan Sawindo itu dengan mengundang warga dan perusahaan.

Bupati juga mengatakan, pemda masih menunggu hasil verifikasi keberadaan lahan warga, apakah masuk dalam kawasan HGU atau bukan. Bila lahan warga masuk kawasan HGU Sawindo kata Amirudin, nanti pemerintah akan meminta agar lahan itu dikeluarkan dari peta HGU.

“Ini tidak bisa kita bahas di sini (pelataran dewan,red), nanti akan kami undang pada agenda sendiri di kantor. InsyaAllah usai lebaran,” kata bupati berjanji. DAR

Pos terkait