Bupati Serahkan Dokumen Usulan Pemekaran Kecamatan Toili Jaya ke Kemendagri: Segera Dilakukan Verifikasi

  • Whatsapp

DKISP BANGGAI – Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka menyerahkan secara langsung dokumen usulan pemekaran Kecamatan Toili Jaya, ke Kemendagri, Kamis (2/12/2022).

Dokumen usulan pemekaran kecamatan ini diterima oleh Direktur Jenderal (Dirjen) Bina Administrasi Wilayah Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri), DR. Drs. Safrizal ZA., M.Si., di ruang kerjanya.

Bacaan Lainnya

Penyerahan dokumen usulan ini tentunya karena Pemerintah Kabupaten Banggai di bawah pimpinan Bupati Amirudin melihat pentingnya pemekaran wilayah sebagai upaya mendekatkan pelayanan kepada masyarakat.

Mulai dari kajian hingga penyiapan persyaratan dilakukan dalam upaya mewujudkan pembentukan daerah baru.

Dalam penyerahan itu, turut hadir dua pejabat Kemendagri lainnya, yaitu Direktur Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerjasama, DR. Prabawa Eka Soesanta, S.Sos., M.Si dan Kepala Subdirektorat Kecamatan Direktorat Dekonsentrasi, Tugas Pembantuan dan Kerjasama, Edy Cahyono, S.STP., M.Si.

Dokumen yang diserahkan Ir. H. Amirudin, MM bersama Tim Pembentukan Kecamatan di Kabupaten Banggai terdiri dari, 1 dokumen persyaratan Dasar, 1 dokumen persyaratan teknis, 1 dokumen persyaratan administrasi dan 1 dokumen naskah akademis pembentukan Kecamatan Toili Jaya.

Sebelum penyerahan dokumen, terlebih dahulu Bupati Banggai dan para pejabat Kemendagri membahas persyaratan pembentukan kecamatan dan pentingnya pelimpahan sebagian kewenangan Kepala daerah kepada Camat untuk memaksimalkan pembangunan dan pelayanan kepada masyarakat.

Ir. H. Amirudin MM dalam pertemuan tersebut menuturkan secara singkat wilayah yang akan dibentuk sebagai kecamatan dan proses yang dilalui dalam pembentukannya

“Persyaratan pembentukan telah sesuai dengan amanat PP 17 Tahun 2018 tentang Kecamatan,” jelas Bupati Banggai.

Ia berharap, pembentukan kecamatan dapat mendekatkan pelayanan kepada masyarakat dan mewujudkan pemerataan pembangunan serta peningkatan sumber daya manusia yang sesuai dengan visi dan misi Pemerintah Daerah.

Dalam kesempatan itu, Direktur Jenderal Bina Administrasi Wilayah Kemendagri menyampaikan, apabila setelah dilakukan verifikasi oleh Kemendagri dan dinyatakan memenuhi syarat maka usulan pembentukan kecamatan tersebut akan segera diproses untuk mendapatkan persetujuan dari Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia.

“Tim dari Kemendagri akan segera melakukan verifikasi Lapangan terhadap kecamatan yang akan di bentuk di Kabupaten Banggai,” pungkasnya.

Turut bersama Bupati Banggai dalam pertemuan dengan Perwakilan Kemendagri, Kepala Bagian (Kabag) Pemerintahan Biro Pemerintahan dan Otda Sulawesi Tengah,  Kabag Peraturan Perundang-Undangan Kab/Kota Biro Hukum Sulawesi Tengah, dan Kabag Tata Pemerintahan Sekretariat Daerah Banggai. (*)

Sumber: DKISP Banggai

Pos terkait