Bupati Salurkan BLT di Desa Louk

BANGGAI RAYA-Kebijakan pemerintah yang membatasi berbagai aktivitas sosial masyarakat sebagai upaya pencegahan penyebaran virus corona, membuat sebagian warga kesulitan memenuhi kebutuhan hidup. Karenanya, pemerintah meluncurkan sejumlah paket bantuan guna meringankan dampak pandemi Covid-19 tersebut, termasuk untuk warga Kabupaten Banggai. Salah satunya ada bantuan langsung tunai (BLT).

Seperti pada Kamis (30/4/2020), Pemkab Banggai yang dipimpin Bupati Herwin Yatim, menyalurkan  bantuan langsung tunai (BLT) Kepada 29 orang penerima di Desa  Louk Kecamatan Luwuk Timur. Kegiatan tersebut di laksanakan di Balai Pertemuan Desa Louk.

Bupati Banggai didampingi Kadis PMD Amin Jumail, Kabag Prokopim Ferry Rafles Ledder bersama Kasubag Dokumentasi dan Staf,  Camat Luwuk Timur, Sekcam Luwuk Timur bersama Jajarannya, Kades Louk Bersama BPD dan Jajarannya.

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

Pada Kesempatan Itu Bupati Banggai H. Herwin Yatim menyampaikan beberapa hal diantaranya terkait penyebaran Covid-19 di belahan dunia. “Kita lihat bersama Amerika Serikat sebagai negara adidaya tidak mampu mencegah penyebaran Covid-19, dan saat ini sebanyak 1 juta orang positif,

63.815 orang meninggal dunia, Negara Italia 205.463 orang kasus positif, 27.967 orang meninggal dunia, Spanyol sebanyak 239.639 orang kasus positif dan 24.543 orang meninggal,” kata bupati memberi gambaran.

Sementara negara kita Indonesia kata dia,  seluruh provinsi telah ada kasus Covid-19, dengan jumlah saat ini sebanyak 10.551 orang positif  covid dengan angka kematian mencapai 800 orang. Sulawesi Tengah 47 kasus positif, daerah tetangga kita morowali Utara,  Morowali, Buol, Poso, Sigi dan Kota Palu telah ada kasus positif,

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

“Alhamdulillah Banggai masih aman, namun bukan berarti aman lantas kita santai dalam menghadapi Covid-19. Justru kita yang belum terpapar terus meningkatkan kewaspadaan  terhadap pendatang pendatang yang datang ke desa utamanya yang dari zona merah, seperti dari Makasar, Palu, Jakarta dan lain lain. Saya sebagai pimpinan daerah berharap kepada bapak ibu sekalian yang berdomisili di Desa Louk agar selalu mengikuti aturan protokoler covid-19, agar kita terhindar dari penyebaran virus ini,” kata Herwin mengingatkan.

Bupati mengatakan,  ada beberapa himbauan pemerintah terkait Instruksi Presiden Joko Widodo yang mengatur tentang protokol pencegahan Covid-19 di antaranya, stay at home atau di rumah saja, selalu memakai masker apabila beraktivitas di luar rumah, menghindari keramaian, sering mencuci tangan.

BACA JUGA:  Idul Adha 1445 H, Masjid An Nuur Luwuk Sembelih 11 Ekor Sapi Kurban

Selanjutnya bupati juga menghimbau kepada masyrakat penerima bantuan, agar mengikuti anjuran pemerintah.

Ia juga mengingatkan bahwa pemerintah melalui kesepakatan bersama dan menindaklanjuti instruksi Kementerian Agama, instruksi MUI Pusat, MUI Sulteng dan instruksi Gubernur Sulawasi Tengah, yaitu tentang tatacara pelaksanaan ibadah Ramadan, khususnya tentang himbauan untuk shalat tarwih di rumah masing-masing.

“Kami selaku pemerintah sangat berharap kepada seluruh masyarakat Kabupaten Banggai yang beragama Islam untuk melaksanakan shalat tarwih di rumah masing-masing.

Kita jangan memandang remeh situasi pandemi Covid-19 saat ini, sekarang Kabupaten Banggai nol kasus positif, akan tetapi ke depan kita tidak akan mengetahui secara pasti ada tidaknya kasus positif di Kabupaten Banggai,” tuturnya.

Hukum Islam kata dia, memungkinkan alternatif seperti itu yaitu shalat di rumah, dengan catatan ada alasan yang mendasarinya, ketika terjadi suatu hal yang perlu dipertimbangkan dan lebih diutamakan untuk kemaslahatan umat. DAR