Bupati Herwin Segera Panggil Pimpinan Perbankan dan Leasing

Herwin Yatim

BANGGAI RAYA- Belum lama ini, Presiden Jokowi mengintruksikan agar pihak perbankan dan leasing memberikan keringanan pembayaran cicilan nasabah hingga satu tahun karena pandemi virus Corona.

Namun, instruksi Presiden tersebut tampak belum dijalankan pihak bank dan jasa leasing di Kabupaten Banggai.

Hal itu dikeluhkan pihak nasabah. Banyak diantara mereka yang mengadu ke Bupati Banggai Herwin Yatim. Atas banyaknya keluhan, Bupati akan mengundang pimpinan lembaga perbankan dan non perbankan. Pertemuan direncanakan pada Senin 6 April 2020.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Bupati mengatakan bahwa pertemuan nantinya akan melibatkan pihak Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Perwakilan Provinsi Sulawesi Tengah.

“Nanti saat pertemuan kami undang juga pihak OJK,” kata Bupati Herwin saat Video Conference bersama anggota DPRD Banggai, Kamis (2/4/2020).

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Bupati yang akan kembali mencalonkan diri di Pilkada Banggai mengkritik keras sikap perbankan dan leasing yang mengabaikan intruksi presiden tersebut.

“Apalagi ada keluhan nasabah yang mengatakan bahwa relaksasi atau kelonggaran kredit hanya untuk mereka yang positif Corona. Ini salah besar,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Sebelumnya Bupati Banggai Herwin Yatim telah menyurat ke pimpinan lembaga perbankan dan non perbankan agar mengindahkan instruksi presiden untuk memberikan kelonggaran kredit bagi nasabah.

Dalam surat tersebut Bupati menghimbau perbankan maupun non perbankan agar tidak mengejar angsuran bagi para nasabah apalagi dengan melibatkan debt collektor.NAL