Bupati Banggai Tutup Pelatihan Berbasis Kompetensi Kerja Sama Disnakertrans dan JOB Tomori

BANGGAI RAYA- Bila suatu daerah mempunyai sumber daya manusia yang tangguh, maka daerah tersebut tidak akan ketergantungan kepada sumber daya alam yang ada. Bercontoh pada Singapura, tidak punya minyak tapi bisa menjadi penjual minyak. Selandia Baru yang pertaniannya juga begitu maju, karena manusianya diberikan pendidikan dan ilmu yang berkecukupan, sehingga mereka bisa mengelola sumber daya alam dengan baik.

Hal tersebut dikatakan Bupati Banggai Amirudin saat menutup kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan Plate Welder SMAW 3G-Up/PF.

Diklat itu sendiri bertujuan
memberikan keterampilan dan pemahaman kepada peserta pelatihan dalam konsep dasar, pengenalan dan penggunaan alat las SMAW 3G-Up/PF.

Bupati Amirudin menyebutkan, saat ini kita memberikan pelatihan kepada welder, mungkin berikutnya kegiatan akan ditekankan kepada pertanian atau peternakan, agar menjadikan Kabupaten Banggai mempunyai pertanian yang tangguh dan peternakan yang hebat.

“Kita tidak hanya terpaku pada sumber daya alam yang ada, tetapi bagaimana kita memberdayakan sumber daya manusia, termasuk memberikan ilmu. Bekerja dengan baik, dan ilmunya dipergunakan, jangan pernah berhenti untuk belajar,” ujar Bupati Amirudin.

Ia mengingatkan kepada para pengusaha yang ingin berinvestasi di Kabupaten Banggai, harus mengutamakan pekerja lokal, kecuali tenaga kerja lokal tidak punya kemampuan untuk melaksanakan, baru bisa mendatangkan dari luar. “Kami berharap, orang-orang Kabupaten Banggai tidak hanya menjadi penonton di negerinya sendiri,” tutupnya.

Seperti diketahui, Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan Plate Welder SMAW 3G-Up/PF (pengelasan) ini terlaksana berkat kerja sama antara Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Nakertrans) Kabupaten Banggai dengan Joint Operating Body Pertamina-Medco E&P Tomori Sulawesi (JOB Tomori).

Kegiatan ini diikuti oleh 16 peserta hasil rekruitmen tanggal 3 Januari 2024 di Kecamatan Moilong. Dari 16 desa yang ada, 4 desa tidak mengutus pesertanya yakni Bumi Harjo, Minahaki, Mulyo Harjo dan Tou.

Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Banggai Ernaini Mustatim, dalam laporannya menyebutkan, hasil pelaksanaan ujian kompetensi, para peserta dinyatakan kompeten dan berhak mendapatkan sertifikat dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) maupun Sertifikat Internal dari UPTD Loka Latihan Kerja (LKK) Luwuk. Uji kompetensi tersebut menghasilkan Peserta Terbaik I Hariyanto (Saluan), Terbaik II M. Fathurahman (Mina Karya) dan Kholik Yudiono (Arga Kencana).

Hadir pada penutupan kegiatan Pelatihan Berbasis Kompetensi Kejuruan Plate Welder SMAW 3G-Up/PF, GM JOB Tomori Benny Sidik, perwakilan Timas/PPS Sulianto Entong, Dirut PPS beserta seluruh manajemen, Ketua Kadin Kabupaten Banggai Beniyanto Tamoreka, beberapa pimpinan OPD, kabag di lingkungan Setda Kabupaten Banggai, Ketua MUI Kabupaten Banggai dan Jamaah Dzikir serta undangan lainnya.

Kegiatan yang dilaksanakan tersebut, dirangkaikan dengan Kunjungan Kehormatan dan Doa Syukur JOB Tomori dan Pemkab Banggai. Pada kesempatan tersebut, Bupati Amirudin dan juga berkesempatan memberikan santunan kepada anak yatim piatu.**

Pos terkait