Bupati Banggai Tutup Bunta Expo, Stand Desa Polo Jadi Juara

BANGGAI RAYA– Setelah berlangsung selama tiga pekan, Bunta Expo Tahun 2024 resmi ditutup oleh Bupati Banggai Amirudin pada Jumat (14/6/2024) di Lapangan Sepak Bola Kecamatan Bunta.

Kegiatan ini telah menjadi ajang yang ditunggu-tunggu oleh masyarakat setempat karena menampilkan berbagai bentuk kreativitas dan inovasi dari desa maupun kelurahan di Kecamatan Bunta.

Bupati Amirudin menyatakan pentingnya acara seperti ini dalam mengembangkan budaya dan ekonomi lokal. Ia berharap expo di tahun berikutnya dapat terselenggara.

“InsyaAllah, kegiatan seperti ini kita akan lanjutkan, oleh sebab itu expo yang sudah kita lakukan mudah-mudahan memberikan manfaat, khususnya bagi masyarakat Bunta dan sekitarnya,” ujar Amirudin.

BACA JUGA:  Operasi Patuh Tinombala Dimulai, Berlangsung Hingga 28 Juli 2024

Berbagai lomba dan pameran kearifan lokal tersaji pada setiap stand desa/kelurahan. Kegiatan itu juga dimeriahkan pementasan seni dan budaya serta kegiatan olahraga.

Penilaian untuk stand terbaik di Expo Bunta 2024 didasarkan pada kreativitas dan inovasi produk kearifan lokal masing-masing desa/kelurahan, stand yang menampilkan hal tersebut mendapatkan apresiasi lebih dari dewan juri.

“Mengganti tema kita meningkatkan budaya dan ekonomi lokal, kriteria untuk penilaian bagaimana menjadi suatu stand yang terbaik, yaitu kreatif dan inovatif itu tergantung dari produk kearifan lokal masing-masing desa/kelurahan,” jelas Ketua Panitia, Arman Lahay.

BACA JUGA:  Ribuan Warga Toili Sambut Ahmad Ali-Sulianti Murad

Desa Polo kembali menunjukkan keunggulannya dengan berbagai produk lokal yang dipamerkan di stand mereka, dan memenangkan Piala bergilir Bunta Expo tahun 2024.

Stand Desa Polo menampilkan ukiran dan karikatur dari alam, jamu hasil alam, serta benda-benda daur ulang, yang semuanya menarik perhatian pengunjung dan juri.

“Ucapan terima kasih kepada Bapak Bupati, dari kami karang taruna, pemerintah Desa Polo dan seluruh masyarakat, atas terlaksananya acara semeriah ini, memunculkan semua ide-ide yg ada di desa dan kami tampilkan disini,” tutur masyarakat Kecamatan Bunta, Irawan Toana.

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

Bupati Amirudin juga menerima sejumlah kenang-kenangan berupa produk hasil kearifan lokal dari beberapa desa/kelurahan yang dipamerkan di masing-masing stand.

Acara penutupan Bunta Expo 2024 dihibur oleh artis ibu kota, Fresly, yang berhasil menyemarakkan suasana. Bupati Amirudin juga mengajak seluruh masyarakat untuk ikut memeriahkan Expo Pagimana dan HUT Banggai di hari mendatang.**

Pos terkait