Bupati Banggai Resmikan Masjid Al Hikmah Soho, Beri Sumbangan Rp250 Juta

BANGGAI RAYA- Masjid Al Hikmah Kelurahan Soho, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai yang baru, bertempat di samping jalan raya utama atau Trans Sulawesi telah diresmikan oleh Bupati Banggai, H. Amirudin Tamoreka, Rabu malam (15/3/2023) sekira pukul 19.30 Wita.

Turut hadir pada acara tersebut Wakil Bupati Banggai, H. Furqanuddin Masulili, unsur Forkopimda, Staf Khusus Bupati Bidang Hukum, Para Pimpinan OPD, Kabag Prokopim Setda Banggai, Camat Luwuk, Lurah Soho, Kepala Kemenag Banggai, Ketua MUI Banggai, Ketua PHBI Banggai, Ketua DMI Banggai, Ketua Baznas Banggai, Ketua PD Muhammadiyah, Ketua Komda Alkhairaat, Ketua Yayasan Masjid Al-Hikmah Soho, Ketua Panitia Pembangunan dan Pengurus Masjid Al-Hikmah Soho, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Perempuan, Tokoh Pemuda, serta tamu undangan lainnya.

BACA JUGA:  Kelulusan Siswa Kelas 12 Dari 24 SMK di Banggai Capai 99,35 Persen, 9 Tidak Lulus 

Bupati Banggai, H. Amirudin dalam sambutannya mengatakan, sesungguhnya dengan mendengarkan apa yang sudah disampaikan oleh Ketua Panitia dalam laporannya, dan juga penyampaian dari tokoh masyarakat tadi, sesungguhnya kehadirannya bukan hanya untuk datang meresmikan masjid ini, tapi juga menyelesaikan begitu banyak permasalahan yang masih tersisa.

“Pertama, Alhamdulillah kita sama-sama bersyukur masjid ini sudah selesai pembangunanya dan sebentar nanti akan kita resmikan bersama-sama,” kata H. Amirudin.

Lebih lanjut, bupati mengatakan, jangan pernah sungkan-sungkan untuk menyumbang kepada masjid, baik itu sumbangan materi, tenaga dan fikiran, karena tidak pernah ada sejarah orang yang menyumbang masjid itu jatuh miskin, dan sesungguhnya satu-satu investasi yang diberikan Allah SWT.

BACA JUGA:  Berkas Tiga Bakal Calon Rektor Unismuh Luwuk Resmi Diserahkan ke PWM Sulteng

“Dan itu, hanya dengan amal jariyah selama kita ikhlas menyumbang,” ujarnya.

Kepada panitia pembangunan, Ia mengatakan, laporan yang baru saja disampaikan tadi, ada dua permasalahan, yang pertama adalah rumah yang akan dibebaskan, dananya kurang lebih 750 juta. Selanjutnya, yang kedua adalah pembangunan menara Masjid.

“Kami menyarankan supaya yang diprioritaskan terlebih dulu adalah rumah yang akan kita bebaskan. Kalau pembebasannya sudah selesai, baru dilanjutkan dengan pembangunan menara masjid,” pintanya.

Pada kesempatan itu, Bupati Amirudin memberikan bantuan sumbangan atas nama pemerintah daerah melalui Bagian Kesra sebanyak Rp150 juta, kemudian atas nama pribadi sebesar Rp100 juta, jadi total dana awal kepada Panitia Pembangunan sebanyak Rp250 Juta.

BACA JUGA:  Swadaya, Warga Jaya Makmur Bangun Jalan Kantong Produksi untuk Mudahkan Angkut Hasil Pertanian 

Kepada Panitia diberikan waktu satu tahun kedepan, untuk bisa mendapatkan dana Rp500 juta, dari masyarakat atau para donatur.

“Insya Allah dengan niat tulus dan ikhlas kita untuk masjid, pasti akan selalu ada rezki atau bantuan-bantuan dana untuk masjid kita ini,” pungkas Bupati Amirudin.

Kegiatan peresmian ini, dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita oleh Bupati Banggai yang didampingi oleh Wakil Bupati Banggai. Hal itu sebagai pertanda Masjid Al-Hikmah Kelurahan Soho sudah siap untuk digunakan sholat berjamaah dan kegiatan-kegiatan keagamaan lainnya. RUM/*

Pos terkait