Bupati Banggai : Dana BUMDes Jangan Dipakai Simpan Pinjam

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Bupati Banggai Amirudin Tamoreka mengingatkan agar dana pemerintah daerah yang nantinya dikucurkan untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), sebagai pelaksanaan program pemerintah daerah, agar tidak digunakan untuk kegiatan simpan pinjam.

Hal itu disampaikan Bupati Amirudin pada kegiatan peluncuran BUMDes Maima atau maju, amanah, inovatif, mandiri andalan, berupa penyerahan bantuan permodalan bagi 23 BUMDes di Kabupaten Banggai yang dilaksanakan pada Sabtu (18/12/2021) di objek wisata Dego-Dego Sawah di Desa Tanah Abang Kecamatan Toili.

Bacaan Lainnya

Bupati mengatakan, dana permodalan yang dikucurkan harus digunakan untuk kegiatan ekonomi produktif. “Kasian masyarakatnya kalau dana permodalan BUMDes digunakan untuk simpan pinjam, apalagi ada bunganya,” kata bupati.

Ia mengatakan, keberadaan badan usaha milik desa harus menciptakan kemandirian ekonomi melalui usaha produktif. Pengelolaan usaha ekonomi desa harus secara transparan. Karena itu tekan bupati, perlu dipikirkan cara pengelolaan BUMDes yang profesional.

Kegiatan peluncuran BUMDes Maima itu juga dirangkai dengan pasar jajanan. Ribuan warga memadati lokasi wisata yang berlokasi di kawasan persawahan tersebut. (*)

Penulis: Iskandar

Pos terkait