Bupati Banggai Akan Meratakan Sebaran Guru di 300 Sekolah Dasar, Setiap Sekolah Minimal 8 Guru

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Untuk mencapai program Banggai Cerdas, Bupati Banggai, Ir. H. Amirudin Tamoreka akan meratakan sebaran guru sekolah dasar di daerah ini.

Saat ini kata orang nomor satu di Banggai itu, guru sekolah dasar kurang lebih berada di angka 2.900. Kemudian, jumlah sekolah dasar kurang lebih 300.

Bacaan Lainnya

“Kalau saya bagi dengan jumlah guru dan sekolah yang ada, harusnya setiap sekolah ada rata-rata memiliki delapan orang. Tapi kenyataannya ada sekolah yang cuma satu dan dua gurunya (PNS,” cetus Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka saat silaturahmi Bupati Banggai, Pembinaan Pendidik, dan Tenaga Kependidikan serta temu akrab guru-guru Kecamatan Pagimana dan Lobu, Rabu (25/5/2022) di Lapangan Patriotik 12 Februari Pagimana.

Olehnya, dalam waktu dekat ini kata Bupati, pihaknya akan mengatur sebaran guru agar benar-benar merata.

“Minimal satu sekolah ada delapan guru. Jadi tidak ada lagi Guru, Kepala Sekolah SD yang Gurunya cuma 1 dan 2, di luar guru honorer semua nanti akan kita tempatkan merata minimal 7 atau 8 Guru,” tegasnya.

Dengan sebaran guru yang merata kata Bupati Amirudin, visi Banggai Cerdas akan dapat terealisasi. Begitupun dengan mutu pendidikan bisa meningkat.

“Kemudian dalam rangka mencapai Guru Sejahtera, Insya Allah keberangkatan ke Jakarta Nanti untuk mengikuti Rapat di Kementerian adalah untuk memberikan kesempatan kepada Bapak/Ibu Guru untuk melakukan sertifikasi karena informasi yang saya dapatkan masih banyak guru-guru yang belum Sertifikasi,” katanya.

“Inilah tujuan kami Pemerintah untuk memberikan kesempatan kepada guru-guru yang belum Sertifikasi dan juga memberikan kesempatan kepada Guru-guru yang belum Sarjana untuk menempuh pendidikan  di kampus Untika atau Kampus Unismuh Luwuk. Sehingga dapat mencapai pendidikan yang baik terhadap murid-murid kita. Begitupun sebaliknya kepada guru-guru SMP yang mememuhi syarat semuanya,” tambahnya.

Bupati juga menyampaikan, kepala sekolah yang saat ini masih Plt akan segera didefinitifkan dalam rangka penandatanganan ijazah.

“Dan Bapak/Ibu Guru yang sudah sangat terlalu lama melaksanakan tugas di Sekolahnya, akan kami Rotasi dulu untuk melakukan penyegaran,” tandasnya. (*)

Sumber: Bagian Prokopimda Banggai
Editor: Jajad Sudrajad

Pos terkait