Bungawari Puas Kualitas Layanan JKN Terus Meningkat 

Peserta JKN, Bungawari mengaku sangat puas dengan kualitas layanan JKN yang terus meningkat. FOTO: IST

BANGGAI RAYA- Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) merupakan salah satu program unggulan pemerintah yang bertujuan memastikan semua warga negara mendapatkan akses layanan kesehatan berkualitas. Program yang dikelola oleh BPJS Kesehatan ini dirancang untuk mengurangi kekhawatiran masyarakat terhadap biaya kesehatan, ketidakpastian harga obat, serta berbagai spekulasi lain saat mengakses layanan kesehatan.

Program JKN telah memberikan manfaat besar bagi masyarakat dari berbagai lapisan. Banyak peserta merasa terbantu dengan terdaftarnya mereka dalam program ini. 

Salah satu contoh nyata adalah Bungawari Sibadu (47), seorang peserta JKN dari segmen Pekerja Penerima Upah (PPU). Bungawari merasa sangat terbantu dengan adanya JKN dan menganggap memiliki jaminan kesehatan sebagai hal yang sangat penting.

“Saya sudah lama menjadi peserta JKN. Awalnya sebagai peserta mandiri, namun setelah menjadi ASN, saya dialihkan ke instansi. Menurut saya, memiliki BPJS Kesehatan adalah kebutuhan karena kita bisa selalu berjaga-jaga dan tidak perlu cemas jika sakit dan membutuhkan perawatan di puskesmas atau rumah sakit. Saya sendiri sudah merasakan manfaatnya,” ungkapnya, belum lama ini.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

Ia juga menceritakan pengalamannya ketika mengalami gangguan sakit kepala selama beberapa hari. Karena tidak khawatir dengan biaya pemeriksaan, Bungawari memutuskan untuk memeriksakan diri ke fasilitas kesehatan.

“Dengan menjadi peserta BPJS, kita lebih menjaga kesehatan karena tidak takut memeriksakan diri atau berobat, sebab sudah ada BPJS Kesehatan yang menanggung biayanya,” tambahnya.

Bungawari mengakui bahwa pelayanan kesehatan yang diterimanya telah mengalami peningkatan signifikan. Jika dulu pelayanannya biasa saja bahkan cenderung kurang memuaskan, kini ia merasakan perbaikan nyata. 

Menurutnya, hal ini berkat peran BPJS Kesehatan dalam meningkatkan pelayanan di fasilitas kesehatan.

“Dulu sering kita dengar pelayanan lama atau dibedakan, namun sekarang pelayanannya sudah sangat bagus, baik di rumah sakit maupun di puskesmas. Saya puas dengan pelayanan yang diberikan,” tuturnya.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

Bungawari juga mengapresiasi inovasi pelayanan BPJS Kesehatan, seperti BPJS Keliling, yang sangat membantu masyarakat mendapatkan pelayanan administrasi tanpa harus datang jauh-jauh ke kantor BPJS Kesehatan. 

“Pelayanan BPJS Keliling ini sangat bagus, banyak masyarakat yang terbantu. Mereka yang tinggal jauh dari kantor BPJS bisa tetap mendapatkan pelayanan administrasi dan informasi seputar BPJS Kesehatan,” ujarnya.

Di akhir pembicaraan, Bungawari berharap BPJS Kesehatan terus aktif melayani masyarakat sehingga mereka dapat terus memanfaatkan jaminan kesehatan dan memperoleh pelayanan yang baik. 

“Semoga BPJS Kesehatan bisa terus memberikan jaminan kesehatan bagi masyarakat yang membutuhkan dan semoga pelayanan kesehatannya semakin baik lagi,” tutupnya.

Pelayanan kesehatan di Indonesia terus mengalami perbaikan, berkat upaya BPJS Kesehatan dalam meningkatkan standar pelayanan di berbagai fasilitas kesehatan. 

BACA JUGA:  Meneropong Keadilan Islam dalam Kasus Vina, Sebelum 7 Hari: Sebuah Refleksi Hukum dan Moral

Dirinya menyebut, keberadaan layanan BPJS Keliling merupakan salah satu inovasi yang mendapat sambutan positif dari masyarakat, karena memudahkan akses layanan administrasi dan informasi bagi mereka yang tinggal di daerah terpencil dan memiliki keterbatasan terhadap akses.

Harapan masyarakat, seperti yang diungkapkan Bungawari, adalah agar BPJS Kesehatan terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan yang terbaik dan memastikan jaminan kesehatan yang memadai untuk seluruh rakyat Indonesia. 

Dengan adanya upaya-upaya perbaikan ini, diharapkan kualitas pelayanan kesehatan di Indonesia akan semakin baik dan merata.

Secara keseluruhan, program JKN melalui BPJS Kesehatan telah memberikan dampak positif yang nyata bagi masyarakat Indonesia. 

Dukungan yang terus mengalir dari masyarakat menunjukkan betapa pentingnya program ini dalam memberikan rasa aman dan kepastian dalam mendapatkan pelayanan kesehatan. (*)