Bumdes Harus Jadi Sumber PADes

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Kabupaten Banggai, melalui Rancangan Peraturan Bupati (Raperbup) tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan serta Pembubaran Badan Usaha Milik Desa (Bumdes), menjadikan Bumdes sebagai salah satu sumber peningkatan Pendapatan Asli Desa (PADes).
Kepada Banggai Raya, Selasa (10/3/2020), Kabid Pemberdayaan Desa DMPD Banggai, Nurhayati Abdan mengungkapkan, dalam Raperbup tentang Bumdes, salah satu point pentingnya yakni Bumdes menjadi sumber pendapatan asli desa.

“Di Perbup terbaru ini kami coba formulasikan, Bumdes itu menjadi salah satu prioritas sumber PADes,” ungkap Nurhayati Abdan.

Sesuai dengan Permendesa Pembangunan Daerah Tertinggal , dan Transmigrasi RI Nomor 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengurusan dan Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa pasal 4 tidak mewajibkan pembentukan Bumdes. Maknya, di Perbup terbaru ini Bumdes harus dibentuk di setiap desa.

“Pemdes tidak mewajibkan pembentukan Bumdes. Tapi kami konsultasikan ke Kakanwil Kemenkuham terkait Perbub Bumdes mereka setujui setiap satu desa satu Bumdes, karena itu juga merupakan inovasi kami,” terang dia.

BACA JUGA: Jalan Teku-Kuntang Balantak Utara Rusak Parah

Selain itu, dalam Perbup terbaru nantinya, sudah disiapkan format pendukung mengenai tatacara pembentukan Bumdes, dan kriteria dari pengurus Bumdes. Bumdes juga nantinya, harus didukung dengan anggaran yang bersumber dari APBDesa.

“Kami dorong mereka untuk mendirikan Bumdes, supaya bisa meningkatkan pendapatan asli desa lewat Bumdes dan juga kami coba berikan format pendukung pembentukan Bumdes dan tata cara perekrutan pengurus Bumdes,” ungkapnya. SAH

Pos terkait