Buka Musrenbang Tahap II, Bupati Banggai Dengar Usulan dan Paparkan Program 2025

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai Amirudin hadiri Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Tahap II Kecamatan Bunta, Nuhon, dan Simpang Raya di Kecamatan Bunta, pada Rabu (28/2/2024).

Pelaksanaan Musrenbang ini dimaksudkan untuk mendengarkan dan menyerahkan usulan prioritas hasil Musrenbang Tahap I Kecamatan Bunta, Nuhon, dan Simpang Raya dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Banggai Tahun 2025.

Usulan-usulan prioritas tersebut disampaikan secara langsung oleh Camat yang bersangkutan kepada Bupati Banggai dan Wakil Bupati Banggai.

Mengawali sambutannya, Bupati Amirudin mengucapkan terima kasih kepada seluruh masyarakat di 3 kecamatan yang telah melaksanakan pilpres dan pileg yang aman tanpa ada kendala.

“Saya juga ingin menyampaikan kepada para kepala desa yang menggunakan ADD maupun Dana Desa dan kepada Camat yang punya Rp5,2 miliar per kecamatan, tolong dana ini dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya,” ujar Bupati Amirudin.

Bupati Amirudin menegaskan bahwa dana tersebut diprioritaskan untuk pemberdayaan, kemudian padat karya dan diutamakan orang-orang yang belum bekerja juga orang-orang miskin.

“Dan InsyaAllah ini akan kita evaluasi, kalau misalnya manfaatnya lebih banyak kita rencanakan bahwa tahun 2025 kita akan naikan menjadi 10 miliar agar supaya lebih banyak dana yang bisa langsung dinikmati oleh masyarakat,” jelas Bupati Amirudin.

Ia juga menyampaikan terkait pertemuannya dengan Wakil Menteri Pertanian RI dan sekaligus mengundang wakil menteri untuk turut melihat secara langsung pembangunan pertanian dan perkebunan di Kabupaten Banggai.

“Saya dan Kepala BRIDA Kabupaten Banggai juga kemarin sudah membicarakan bersama Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang insyaAllah kita akan diberikan alat khusus untuk perikanan, kita bukan lagi mencari ikan akan tetapi kita akan menangkap ikan,” tutur Bupati Amirudin.

Nantinya alat tersebut, lanjut Bupati Banggai, akan dipasang satelit sehingganya para nelayan ketika turun memancing mereka tidak perlu lagi mencari-cari dimana spotnya, akan tetapi lewat satelit tersebut sudah ditahu tempat mana saja yang ada ikan dan siap untuk ditangkap.

“Terkait infrastruktur, hal ini sudah menjadi prioritas utama kita dan Alhamdulillah untuk di 3 kecamatan ini, tahun 2024 kita sudah menganggarkan kurang lebih 64 miliar rupiah. Mudah-mudahan apa yang diusulkan bisa segera direalisasikan,” harap Bupati Amirudin.

Sementara Kepala Bappeda Kabupaten Banggai Moh. Ramlo Tongko menyampaikan bahwa tema pembangunan daerah untuk tahun 2025 ialah “Peningkatan Kemandirian dan Daya Saing Daerah Menuju Kesejahteraan Masyarakat”.

Setelah bertolak dari Bunta, Bupati Amirudin bersama rombongan langsung bertandang ke Pagimana untuk mengikuti pula agenda yang sama yakni Musrenbang Tahap II Kecamatan Pagimana, Lobu, dan Bualemo yang diselenggarakan di Lapangan Gelora Pagimana.

Dalam Musrenbang pada hari ini, Bupati Amirudin berkesempatan mendengarkan aspirasi dan usulan langsung dari berbagai lapisan masyarakat di 6 Kecamatan.

Hal ini merupakan langkah penting untuk memastikan bahwa setiap kebijakan pembangunan yang diambil memperhitungkan kebutuhan dan harapan masyarakat setempat.**