Brian Moldi Manusu, Siswa SMAN 1 Luwuk Gabung di EPA Rans Nusantara

BANGGAI RAYA- Siswa kelas X G SMA Negeri 1 Luwuk, Brian Moldi Manusu lolos bergabung dengan Elit Pro Akademik (EPA) sepak bola Rans Nusantara Liga 1 U-16. Remaja kelahiran Pinrang, Sulawesi Selatan 11 Mei 2008 ini menembus Tim Utama Klub Liga 1 Rans Nusantara FC U-16.

Pelatihnya, Fauzi Lamarauna menempatkan Brian Moldi Manusu sebagai pemain posisi 8 atau Attacking Midfielder.

Demikian disampaikan orang tua Brian Moldi Manusu, Serka Yusman Manusu kepada Banggai Raya, Selasa (19/9/2023),
“Dibuktikan saat laga uji coba menghadapi klub Bina Bangsa. Anak saya yang mengawali laga dari bench cadangan dimainkan coach Fauzi Lamarauna sejak menit ke-10. Hasilnya, Brian menghidupkan permainan Rans Nusantara FC yang akhirnya menang telak di laga uji coba tersebut,” jelas Personel TNI Koramil 1308-01 Luwuk.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Menurut coahnya kata dia, Brian Moldi Manusu memiliki gaya main stylish seperti Iniesta di Barcelona. Brian punya passing bagus, hanya kekurangannya tidak mau benturan. Seperti saat permainan melawan Tim Soeratin, klub Bina Bangsa, lini tengah tidak jalan, menit ke-10 saat Brian dimainkan, serangan jadi hidup, dan menang 5:1.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Jebolan SSB Sentral Jaya Sport Luwuk ini jelas dia, saat masuk seleksi di Rans Nusantara FC U16 tanpa melalui melalui zona Palu yang dilaksanakan di Stadion Gawalise. Sementara 13 pemain yang lolos dari Zona Palu tak satupun yang lolos saat seleksi di Lampung.

“Anak saya mengikuti seleksi EPA Rans Nusantara langsung ke Jakarta, setelah mendapatkan informasi lewat FB, sehingga tidak lewat Kota Palu,” terangnya.
“ Kami sebagai orang tua pasti bangga, dan berharap yang terbaik buat anak kami. Dan Brian sudah harus mulai berani merintis karirnya di sepak bola professional, dan itu mulai terbuka,” tambahnya.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Untuk diketahui, saat duduk di bangku kelas 9 SMPN 2 Luwuk, Brian Moldi Manusu yang merupakan didikan sekolah sepak bola (SSB) sentral jaya sport (SJS) sempat terpilih mewakili Indonesia untuk berkompetisi di Thailand pada ajang JSE Internasional U-14.

Sehingga, pada Maret 2023, Brian berangkat ke Tangeran, Banten ikut karantina selama sebulan, mulai 10 Maret-10 April 2023. Kemudian, Brian Moldi Manusu lolos seleksi JIREX’S Football Academy. RUM