BPJS Kesehatan Sosialisasikan Program JKN Kepada Mahasiswa di Banggai

BANGGAI RAYA- Setiap warga Negara wajib memiliki jaminan kesehatan sesuai dengan amanat Udang–undang.

Hal ini disampaikan oleh Pejabat Pengganti Sementara Kepala BPJS Kesehatan Cabang Luwuk, Wisnu Sukardi dalam kegiatan Orientasi Akademik dalam Pengenalan Kehidupan Kampus Bagi Mahasiswa Baru (PKKMB) Amik Nurmal Banggai Pada Jumat (01/09) di Gedung Kampus II Amik Nurmal.

“Menurut undang–undang ada lima jaminan sosial yang wajib dimiliki oleh Warga Negara Indonesia, yaitu Jaminan Kesehatan Nasional (JKN). Program JKN menjadi proteksi bagi masyarakat ketika sakit, kita tidak tau kapan kita sakit dan membutuhkan pelayanan kesehatan, untuk itu JKN menjadi hak dasar dan wajin dimiliki oleh seluruh masyarakat Indonesia tanpa terkecuali,” ungkap Wisnu.

Dalam kesempatan itu, Wisnu menginformasikan mengenai hak dan kewajiban peserta Program JKN dimana beberapa hak peserta Program JKN diantaranya memperoleh informasi tentang hak dan kewajiban serta prosedur pelayanan kesehatan sesuai dengan ketentuan yang berlaku, mendapatkan manfaat pelayanan Kesehatan di Fasilitas Kesehatan yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan serta memanfaatkan NIK sebagai identitas tunggal peserta JKN.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

“Selain hak, peserta Program JKN juga memilki kewajiban yang harus dipenuhi diantaranya adalah membayar iuran setiap bulan, melaporkan perubahan data diri atau keluarga, mentaati prosedur dan kententuan untuk memperoleh pelayanan Kesehatan yang telah ditetapkan,” ujar Wisnu.

Wisnu juga menambahkan saat ini pelayanan di BPJS Kesehatan semakin mudah dengan tersedianya berbagai kanal layanan BPJS Kesehatan baik tatap muka maupun non tatap muka diantaranya melalui Pelayanan Administrasi Melalui Whatsapp (PANDAWA), Aplikasi Mobile JKN dan BPJS Kesehatan Care Center 165.

Wisnu menerangkan, pihaknya juga memberikan pemahaman kepada seluruh peserta JKN mengenai pentingnya melakukan perilaku hidup sehat serta sikap gotong royong dalam kehidupan sehari-hari. Upaya ini dilakukan sebagai langkah preventif dalam menjaga kesehatan diri.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

Wisnu juga menyampaikan, sebagai bentuk komitmen optimalisasi layanan, saat ini BPJS Kesehatan terus melakukan berbagai terobosan untuk mempermudah peserta JKN dalam mendapatkan haknya. 

“Transformasi mutu layanan menjadi fokus kami dalam memberikan kemudahan akses layanan bagi peserta. Pelayanan yang cepat, mudah dan setara menjadi tujuan kami untuk meningkatkan kepuasan dan kenyamanan peserta JKN di fasilitas kesehatan,” terang Wisnu.

Wisnu kemudian menambahkan, kepada seluruh masyarakat  yang hadir diharapakan dapat mengerti, memahami dan berperan aktif untuk dapat meneruskan informasi yang diterima kepada keluarga, sahabat, tetangga hingga ke semua masyarakat di lingkungannya.

Di kesempaatan yang sama, Kepala Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama AMIK Nurmal Luwuk, Trisno mengucapkan terima kasih kepada BPJS Kesehatan yang telah bersedia mengisi satu sesi materi sebagai pengenalan Program JKN kepada mahasiswa baru mereka.

BACA JUGA:  Takbiran IdulAdha di Luwuk Banggai, Ribuan Warga Ikuti Pawai Obor

“Kami mencanangkan Go Health University, dimana kami mau kampus itu sehat dari segi manajemennya dan sehat jasmani juga bagi orang-orang di dalamnya termasuk mahasiswa dan dosen dosennya, untuk itu kami berusaha bekerja sama dengan BPJS Kesehatan, untuk memberikan pengetahuna kepada kami taerkain dengan Jaminan Kesehatan Nasional,” ungkapnya.

Trisno mengungkapkan pihaknya ingin memastikan seluruh civitas yang ada di kampus telah terdfaftar sebagai peserta Program JKN, dan selanjutnya bukan sekedar paham, namun juga mengerti regulasi-regulasi yang terkait dengan pelayanan dan administrasinya.

“Kami menargetkan sebelum masuk semester lima seluruh mahasiswa sudah dipastikan terdaftar sebagai peserta program JKN, sehingga kedepannya untuk kegiatan kegiatan di luar kampus mereka ini tidak lagi dibebankan oleh administrasi apapun serta sudah terjamin kesehatannya melalui Program JKN ini,” tutupnya. (*)

Pos terkait