BPJS Kesehatan Sediakan Ruang Pelayanan di RSUD Luwuk

BANGGAI RAYA-Bupati Banggai Amirudin, menghadiri launching Ruang Pelayanan Informasi dan Pengaduan Pelayanan BPJS Kesehatan, Jumat (29/9/2023) di salah-satu ruang yang ada di RSUD Luwuk. Pasca memberikan sambutan saat launching tersebut, Bupati Amirudin melakukan pengguntingan pita, sebagai pertanda bahwa ruangan lokasi Pelayanan Informasi dan Pengaduan Pelayanan BPJS Kesehatan resmi digunakan oleh petugas dalam melaksanakan pelayanan publik.

Bupati Amirudin punya kesan yang bagus saat masuk ke RSUD Kabupaten Banggai yang sudah semakin bersih dan adanya aturan jam besuk/kunjungan, serta sudah ada yang berjaga 1×24 jam. Ia menyatakan, bahwa salah-satu pelayanan yang membuat para pasien sehat itu adalah bagaimana perawat itu memberikan senyuman yang terbaik pada pasien yang datang.

Bupati juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada BPJS Kesehatan dan RSUD Kabupaten Banggai yang melaksanakan launching Ruang Pelayanan Informasi dan Pengaduan Pelayanan.

BACA JUGA:  710 Kotak Suara Hasil Pleno PPK Tiba di Gudang KPU Banggai, Dijaga Ketat Polisi

Menurut Bupati, banyak keluhan yang langsung disampaikan ke bupati atau yang paling terbanyak kepada anggota DPRD. Bupati Amirudin berharap, dengan adanya Ruang Pelayanan Informasi dan Pengaduan Pelayanan ini, semua orang tidak lagi ke Bupati dan anggota DPRD. “Termasuk dengan adanya ruangan ini yang tadi katanya dulu lokasinya sering berpindah, InsyaAllah tidak akan berpindah lagi,” ujarnya.

Di akhir sambutannya bupati berharap, petugas BPJS yang nantinya ditempatkan, harus ontime di tempat Pelayanan Informasi dan Pengaduan Pelayanan ini. Olehnya itu, Bupati Amirudin mengucapkan terima kasih atas kerja sama antara BPJS Kesehatan dan RSUD Kabupaten Banggai dalam rangka memberikan pelayanan kepada masyarakat.

Sementara itu Plt. Direktur RSUD Kabupaten Banggai dr. Yusran Kasim, dalam sambutannya menyatakan, bahwa peningkatan pelayanan kesehatan di RSUD Kabupaten Banggai untuk menjadi rumah sakit pilihan masyarakat masih terus diupayakan sejalan dengan banyaknya tuntutan masyarakat akan pelayanan yang optimal, bermutu, dan profesional.

BACA JUGA:  PSU dua TPS di Banggai, Pemilih 'Modal KTP' Tak Dilayani

Dari aspek manajemen dan pengelolaan rumah sakit kata Yusran, RSUD Kabupaten Banggai telah berhasil mendapatkan akreditasi paripurna pada tahun 2023. Sebagai peredikat tertinggi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit, ini menjadi penyemangat dalam meningkatkan pelayanan bagi pasien.

Yusran mengatakan, RSUD Kabupaten Banggai terus berupaya meningkatkan kualitas pelayanan, berinovasi dan memberikan berbagai kemudahan bagi semua pasien yang telah ditangani khususnya peserta JKN-KIS dengan mengembangkan layanan dan melengkapi fasilitas dan peralatan sehingga akan dapat memenuhi kebutuhan masyarakat akan layanan kesehatan yang prima, bermutu dengan mengedepankan pasien-safety. “Kita akan sosialisasikan ini. Semua pengaduan, termasuk pelayanan kurang maksimal. Silahkan disampaikan. Kami akan berkoordinasi dengan BPJS Kesehatan untuk menjawab pertanyaan tersebut,” kata Yusran Kasim.

BACA JUGA:  Hari Ini, 252 Warga Karaton Lakukan Pemungutan Suara Ulang di TPS 02 

Oleh pihak BPJS Kesehatan menyatakan, bahwa Launching Loket Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan di RSUD Kabupaten Banggai sekaligus launching portal Quick Response (QR) BPJS Kesehatan di Fasilitas Kesehatan ini dilakukan secara serentak di seluruh Kantor Cabang BPJS Kesehatan di Indonesia, dimana RSUD Kabupaten Banggai sebagai perwakilan wilayah kerja Kantor Cabang Luwuk.

Menurutnya, sampai dengan Jumat, telah ada 502 (16,7%) Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjut (FKRTL) yang telah menyediakan Pelayanan Informasi BPJS Kesehatan dari 3.004 FKRTL yang bekerja sama dengan BPJS Kesehatan. Ini menunjukan komitmen yang tinggi dari FKRTL sebagai bentuk kongrit dalam mendukung Transformasi Mutu Layanan.

BPJS Kesehatan akan terus berkolaborasi dengan berbagai pihak untuk memperluas akses layanan berkualitas guna memberikan pelayanan terbaik bagi peserta JKN dan mendukung upaya mencapai Indonesia yang lebih sehat.**

Pos terkait