BPJS Kesehatan Memiliki Program Rujuk Balik

BANGGAI RAYA- Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan memiliki program rujuk balik (PRB). Program rujuk balik adalah merupakan pelayanan kesehatan yang diberikan kepada penderita penyakit kronis dengan kondisi stabil dan masih memerlukan pengobatan atau asuhan keperawatan jangka panjang yang dilaksanakaan di fasilitas kesehatan tingkat pertama atas rekomendasi atau rujukan dari dokter spesialis/sub spesialis yang merawat.

Demikian disampaikan salah seorang petugas BPJS Kesehatan Cabang Luwuk kepada Banggai Raya, beberapa hari lalu.
Menurut dia, manfaat program rujuk balik bagi peserta, yakni meningkatkan kemudahan akses pelayanan kesehatan, meningkatkan pelayanan kesehatan yang mencakup akses Promotif, Preventif, Kuratif, dan Rehabilitatif, meningkatkan hubungan dokter dengan pasien untuk mendapatkan pelayanan ssecara menyeluruh, dan memudahkan untuk mendapatkan obat yang diperlukan.

BACA JUGA:  Operasi Patuh Tinombala Dimulai, Berlangsung Hingga 28 Juli 2024

“Bagi Faskes tingkat pertama, bisa meningkatkan fungsi faskes sebagai gate keeper dari aspek pelayanan komprehensif dalam pembiayaan yang rasional, meningkatkan kompetensi penanganan medic melalui bimbingan organisasi atau dokter spesialis, serta meningkatkan fungsi pengawasan pengobatan secara komprensif,” jelasnya.

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

Lebih lanjut, Ia mengatakan, bagi faskes rujukan tingkat lanjutan atau rumah sakit, yakni bisa mengurangi waktu tunggu pasien di poli rumah sakit, meningkatkan kualitas pelayanan spesialistik di rumah sakit, dan meningkatkan fungsi spesialis sebagai koordinator dan konsultan manajemen penyakit.

BACA JUGA:  Alasan Ahmad Ali Dukung Sulianti Murad, Tinggalkan Amirudin

“Cara mendaftar, peserta mendaftarkan diri pada petugas pojok PRB dengan menunjukan kartu identitas peserta BPJS Kesehatan, surat rujuk balik dari BPJS Kesehatan, surat eligibilitas pesert dari BPJKS Kesehatan, dan lembar resep obat/salinan resep. Selanjutnya pesertaa mengisi formulir pendaftaran peserta PRB, kemudian peserta akan menerima buku kontrol peserta PRB,” tandasnya. RUM