BPJS Kesehatan Gelar Media Workshop Berbasis Virtual

BANGGAI RAYA– Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan menyelenggarakan Media Workshop dan Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan tahun 2020 berbasis virtual via Zoom, selama dua hari yakni Kamis sampai Jumat (22-23/10/2020).

Workshop yang diikuti ratusan jurnalis dari berbagai daerah se Indonesia ini dibuka secara resmi oleh Direktur  SDM dan Umum BPJS Kesehatan melalui Humas BPJS Kesehatan, Muhammad Iqbal Anas Maruf. 

Muhammad Iqbal menjelaskan, kegiatan workshop ini merupakan upaya untuk meningkatkan hubungan kemitraan dengan media massa dan juga untuk memberikan informasi terkini tentang program JKN-KIS.

Iqbal berharap, segala informasi terkini yang didapat dari kegiatan tersebut dapat disampaikan kepada masyarakat sebagai sarana komunikasi, publikasi dan ajang sosialisasi kepada publik dalam penyelenggaraan JKN-KIS.

Sebagai penyelenggara program Jaminan Sosial bidang kesehatan dengan jumlah kepesertaan terbesar di dunia sambung Iqbal, BPJS Kesehatan memiliki kepentingan untuk dapat menyampaikan informasi secara faktual kepada seluruh pemangku kepentingannya.

“Kehadiran BPJS Kesehatan dalam mengelola Program JKN-KIS sangat erat hubungannya dengan keterbukaan informasi publik di mana prinsip profesionalitas, akuntabilitas, tranparansi, pelayanan prima, demokrasi dan partisipasi, efesiensi dan efektivitas. Di sinilah media massa dan insan pers memiliki peranan sebagai penghubung komunikasi antara BPJS Kesehatan kepada masyarakat,” tuturnya.

Diketahui, tema yang diusung dalam workshop di hari pertama ini adalah ‘Menjaga Keberlansungan Proggram JKN-KIS’ dan ‘Peran Jaminan Sosial Kesehatan di Era Covid-19’.

Untuk workshop sesi pertama menghadirkan lima narasumber yaitu Staf Menteri Keuangan RI, Yustinus Prastowo, USAI Healrh FInancing Activity, Prof Hasbullah Thabrany, Kasatgas Direktorar Penelitian dan Pengembangan Kedeputian Pencegahan KPK, Kunto Ariawan, Ketua Tim Kendali Mutu Kendali Biaya, Adang Bachtiar  dan Pengamat Kebijakan Publik, Agus Pambagio.

Di sesi kedua dengan tema Peran Jaminan Sosial Kesehatan di Era Covid-19 menghadirkan tiga narasumber yakni Deputi Bidang Koordinasi Peningkatan Kesejahteraan Sosial,TB. A Choesni, Pakar Asuransi Kesehatan, Prof Budi Hidayat, dan Sekretaris Eksekutif Komite Penanganan Covid 19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Raden Pardede.

Sementara di hari kedua, Jumat besok akan mengusung  tema “Layanan Jaminan Kesehatan di Era Pandemi Covid-19” dengan menghadirkan tiga orang pemateri yang ahli di bidangnya. Tiga pemateri itu adalah Direktur Perluasan dan Pelayanan Peserta BPJS Kesehatan, Andayani Budi Lestari, Anggota Dewan Jaminan Sosial Nasional, Muttaqien, dan Ketua Yayasan Lembaga Konsumen Indonesia.

Dalam kegiatan workshop ini, BPJS Kesehatan juga akan mengumumkan para pemenang Anugerah Lomba Karya Jurnalistik BPJS Kesehatan tahun 2020.  JAD