BLT Dana Desa Tidak Ada Potongan!

Penekanan Bupati Herwin Saat Monitoring

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai, Herwin Yatim menghadiri sekaligus menyerahkan Bantuan Langsung Tunai (BLT) Dana Desa kepada ratusan kepala keluarga di lima desa di wilayah Kecamatan Pagimana, Selasa (12/5/2020). Kelima desa tersebut yakni Desa Huhak, Bondat, Uwedaka, Sepa dan Hohudongan.

Bupati mengawali penyerahan bantuan BLT untuk masyarakat Desa Huhak, dan Desa Bondat yang dipusatkan di Kantor Desa Bondat. Selanjutnya Bupati Herwin memantau penyaluran bantuan di Desa Uwedaka, Desa Sepa dan dan Desa Hohudongan.

BACA JUGA:  Gunakan Kapal Penumpang, Kabupaten Banggai Laut Antarpulaukan Ratusan Boks Ikan Setiap Hari

Untuk BLT Desa Huhak diberikan kepada 40 penerima, Desa Bondat berjumlah 93 penerima, Desa Uwedaka sebanyak 70 penerima, Desa Sepa berjumlah 43 penerima dan Desa Hohudongan berjumlah 34 penerima.

Bupati Herwin mengatakan bahwa bantuan ini merupakan bentuk kepedulian pemerintah di tengah pandemi Covid-19. Ia berharap bantuan yang diberikan dapat dimanfaat dengan baik untuk keperluan sehari-hari.

“Kami sampaikan kepada masyarakat penerima BLT agar bantuan dapat dimanfaatkan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari sehingga dapat meringankan beban yang dirasakan selama pandemi Covid-19,” katanya.

BACA JUGA:  Pemilu di Banggai Laut, Demokrat Unggul Sementara, Putra Bupati Bakal Jadi Caleg Terpilih NasDem

Bupati mengungkapkan bahwa kehadirannya adalah untuk memastikan bahwa bantuan BLT benar-benar tersalurkan kepada masyarakat penerima. “Tidak ada pemotongan, tidak ada pengurangan sepeserpun dari ketentuan besaran,” ujarnya.

Ia juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk selalu menjaga pola hidup bersih dan sehat, dan selalu mengikuti instruksi atau himbaun pemerintah terkait dengan pencegahan dan penularan Covid-19 seraya berharap semoga wabah mematikan ini bisa segera berakhir.

“Anjuran pemerintah sesuai protokoler kesehatan yaitu apabila beraktivitas di luar rumah selalu menggunakan masker, selalu mencuci tangan, melakukan sosial distancing dan menjaga imunitas tubuh dengan berjemur di matahari pagi, serta banyak mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C,” imbaunya.

BACA JUGA:  7.000 Suara Calon DPD RI Febriyanthi Hongkiriwang Tiba-tiba Raib, Ada Apa KPU Sulteng?

Seperti diketahui, BLT Dana Desa merupakan kebijakan Kementerian Desa dan Daerah Tertinggal untuk meringankan beban masyarakat. Metode pencairan dilakukan bertahap mulai April hingga Juni 2020. Dimana setiap KK penerima BLT setiap bulannya akan menerima sebesar Rp600 ribu. Jika ditotal seluruhnya berjumlah Rp1,8 juta. NAL