BKKBN Optimis Banggai Bisa Tekan Angka Stunting Hingga 14 Persen

  • Whatsapp
Kaper BKKBN Sulteng, Tenny C Soriton saat bersama Kadis P2KBP3A Banggai, Dr. dr. Anang Otoluwa. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Kepala Perwakilan (Kaper) Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Sulawesi Tengah, Tenny C Soriton, direncanakan akan hadir pada acara Peringatan Hari Keluarga Nasional ke-29 di Ibu Kota Kabupaten Banggai, Kota Luwuk, Senin hari ini (27/6/2022).

Peringatan Harganas ke 29 yang mengangkat tema ‘Ayo Cegah Stunting, Agar Keluarga Bebas Stunting’ itu bakal dihelat di halaman Kantor Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (P2KBP3A) Kabupaten Banggai. Kegiatan dijadwalkan akan dimulai pada Pukul 08.30 Wita.

Bacaan Lainnya

Kaper BKKBN Provinsi Sulteng, Tenny mengatakan, sejumlah kegiatan bakal dilaksanakan berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 39 Tahun 2014 tentang Hari Keluarga Nasional tersebut. Salah satunya, pengukuhan Bupati Banggai menjadi Ayah GenRe.

Khusus mengenai stunting, Kaper Tenny optimistis Pemerintah Kabupaten Banggai dapat mewujudkan angka stunting turun menjadi 14 persen pada 2024 mendatang.

“Jika melihat komitmen dari Pemkab Banggai, kami sangat optimistis, angka stunting bisa ditekan menjadi 14 persen pada 2024 mendatang,” kata Tenny C Soriton.

Ia juga berharap, semua komponen masyarakat ikut terlibat dalam upaya pencegahan stunting, agar Banggai bisa bebas stunting di masa mendatang.

“Ayo kita siapkan generasi berkualitas dengan mewujudkan keluarga bebas stunting. Kalau bukan kita, siapa lagi yang bisa cegah stunting,” ucapnya.

Sementara itu, Kepala Dinas P2KBP3A Kabupaten Banggai yang dikonfirmasi Banggai Raya, Minggu malam (26/6/2022) menjelaskan,  tujuan dari tema ‘Ayo Cegah Stunting, Agar Keluarga Bebas Stunting’ ini, untuk mengingatkan seluruh keluarga di Indoensia agar peduli, dengan gotong royong membantu keluarga lain dapat terbebas dari stunting.

Dalam peringatan Harganas ke 29 di Kabupaten Banggai kata Dr. dr. Anang, akan dirangkaikan dengan pelantikan Bupati Banggai, H. Amirudin sebagai Ayah Generasi Berenana (GenRe) dan Pelantikan AKU (Asosiasi Kelompok UPPKA).

“Kemudian juga akan ada pemberian penghargaan kepada stakeholder yang telah bekerja sama dalam program Banggai Kencana, serta percepatan penurunan stunting,” beber Dr. dr. Anang Otoluwa yang pernah menjabat Kadinkes Banggai itu.

Sekadar diketahui, sebelumnya dalam momentum memeriahkan Harganas, Dinas P2KBP3A Banggai di bawah pimpinan Dr. Anang Otoluwa telah sukses melakukan empat kegiatan. Pertama program Ayah/Ibu Asuh Keluarga 1000 Hari Pertama Kehidupan (HPK), Pekan Elsimil, Pelayanan KB Sejuta Akseptor, dan Semarak Kampung KB.

Dokter Anang berharap, di momentum Harganas ini dapat membangkitkan kesadaran seluruh elemen masyarakat akan pentingnya membangun keluarga berkualitas, mulai dari remaja (GenRe), Ibu Hamil, dan anak untuk mencegah stunting sampai dengan Lansia melalui Bina Keluarga Lansia. (*)

Editor: Jajad Sudrajad

Pos terkait