Biaya SKCK Hanya Rp30 Ribu, Satuan Intelkam Polres Banggai Permudah Pelayanan Bagi Warga

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA-Satuan Intelkam Polres Banggai yang kini dipimpin AKP Usman, SH memberi kemudahan dalam pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) bagi masyarakat.

Berbicara kepada wartawan di Luwuk, Jumat petang (4/11/2022), Usman yang kembali bertugas di Polres Banggai ini mengatakan, yang pertama bahwa warga yang hendak mengurus SKCK, baik yang baru maupun perpanjangan, di Satuan Intelkam, cukup membayar Rp30.000 sesuai ketentuan peraturan. Biaya penerbitan SKCK itu juga tidak dibayar pada petugas, namun dibayar ke loket bank sebagai Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP). “Jadi tidak ada biaya atau pungutan lain,” tegas Usman yang baru bertugas beberapa hari lalu.

Bacaan Lainnya

Kedua, warga yang akan mengurus SKCK akan dipermudah prosesnya, bahkan untuk yang sakit dan sangat membutuhkan SKCK dengan segera, ada sistem delivery atau pesan melalui nomor telepon yang disediakan, dan petugas akan datang ke rumah. “Satintelkam menyediakan nomor telpon 085242947773 untuk pelayanan sekaligus pengaduan. Bagi mereka yang sakit, bisa menghubungi nomor ini dan petugas akan datang ke rumah untuk mengambil berkas sekaligus data lain yang dibutuhkan, untuk kemudian dibawa ke kantor dan diproses,” jelasnya.

Berikutnya kata dia, untuk warga yang tengah mengurus SKCK dan kemudian sakit saat berurusan, sementara SKCKnya belum terbit, maka dipersilakan pulang. Petugas akan mendata alamat warga, untuk kemudian mengantarkan SKCK yang sudah jadi ke alamat dimaksud.

Kemudahan lainnya kata dia, untuk warga di kecamatan yang jauh dari Luwuk dan hendak memperpanjang SKCK, bisa mendatangi Polsek dan SKCK perpanjangan itu akan diproses di Polsek, tanpa harus datang ke Polres Banggai. “Namun ini khusus untuk perpanjangan, bukan urus baru. Sebab ada syarat awal yakni pengambilan sidik jari yang hanya dilakukan di Polres Banggai,” tuturnya.

Untuk kepentingan pelayanan saat ada penumpukan warga yang hendak membuat SKCK kata Usman, Satuan Intelkam juga siap memperpanjang jam pelayanan di hari kerja, dari biasanya jam 08.00-15.00, menjadi jam 08.00-17.00. Bahkan bila juga masih banyak warga yang hendak membuat SKCK, Satuan Intelkam membuka pelayanan di hari libur dari pukul 08.00-12.00.

“Intinya kami ingin memberikan kemudahan bagi warga dalam mengurus SKCK, dengan biaya sesuai aturan yakni Rp30.000,” tegasnya mengulang soal ketentuan tarif pembuatan SKCK. DAR

Pos terkait