Berkat Program Herwin Yatim, Anak-anak Banggai Bisa Bersekolah Tanpa Biaya

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Bupati Herwin Yatim dikenal sebagai pemimpin yang ingin memajukan Kabupaten Banggai melalui sektor pendidikan yang optimal. Hal itu terbukti dari program Herwin yang menggratiskan biaya pendidikan untuk anak Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Banggai.

Program tersebut dinilai sangat membantu masyarakat, terutama bagi masyarakat ekonomi lemah. Hal itu juga diungkapkan langsung Haji Anwar (61), salah satu warga Desa Mekar Jaya, Kecamatan Toili, Banggai.

Bacaan Lainnya

Menurutnya, berkat program Herwin, anak-anak di Kabupaten Banggai kini bisa mengenyam pendidikan SD dan SMP secara gratis tanpa pungutan biaya sepeserpun.

“Contoh seperti pendidikan SD dan SMP tidak ada lagi pembayaran, bagus itu programnya untuk masyarakat. Sebelumnya kita tanya, kenapa SMA tidak. Lalu dijelaskan tadi, ternyata sejak 2015 sudah wewenang provinsi,” tutur Haji Anwar.

Haji Anwar optimis, jika anak-anak Banggai bisa mengenyam pendidikan akan memberikan dampak terhadap sumber daya manusia (SDM) Banggai yang berkualitas ke depannya.

Di sisi lain, Bupati Herwin Yatim mengungkapkan bahwa sudah menjadi kewajiban pemerintah daerah untuk terus membuat program-program yang mampu membantu masyarakat, diantaranya program pendidikan.

“Untuk pendidikan, memang hanya SD dan SMP yang tidak berbayar. Karena sejak tahun 2015 kewenangan SMA sudah dilimpahkan ke pemerintah provinsi. Jadi Bapak Ibu, disini ada anaknya yang SD dan SMP berbayar ?,” tanya Bupati Herwin Yatim, yang langsung dijawab serentak dengan ‘tidak’.

Bupati Herwin juga menambahkan, perjalanannya bersama Wakil Bupati Mustar Labolo, merupakan perjalanan yang panjang dan konsisten. Diharapkan dengan perjalanan tersebut, Herwin dan Wabup Mustar mampu memahami apa yang dibutuhkan masyarakat.

“Jadi pemerintah, harus punya pengalaman. Kalau dia punya pengalaman, maka tentu ia memahami nurani dan apa yang diinginkan masyarakat. Walaupun itu, masih punya keterbatasan,” pungkas Bupati Banggai yang dikenal peduli tersebut. JAD/*