Berikan Berbagai Kemudahan, Peserta Ini Puji Inovasi Digital BPJS Kesehatan

Ulfa, peserta JKN yang terbantu atas beragam kemudahan, memuji inovasi digital BPJS Kesehatan. FOTO: IST

BANGGAI RAYA– Menginjak satu dekade perjalanan Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN), BPJS Kesehatan terus berupaya meningkatkan pelayanan bagi peserta JKN, baik melalui komitmen pelayanan di fasilitas kesehatan maupun digitalisasi bagi peserta JKN yang akan memperoleh pelayanan administrasi di kantor BPJS Kesehatan.

Peningkatan layanan dan kepuasan semakin dirasakan oleh peserta JKN, salah satunya adalah Ulfa Jamsu. 

Menjadi pserta JKN sejak 2008, Ulfa kerap memanfaatkan kepesertaanya untuk mendapatkan pelayanan kesehatan. Dirinya juga merasakan betul perubahan layanan ke arah yang semakin baik bagi pengguna JKN.

”Saya menjadi peserta BPJS itu semenjak saya baru jadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) itu tahun 2008 ketika waktu itu masih PT. Askes (Persero). Semenjak itu, saya sering pakai kepesertaan JKN untuk berobat di puskesmas maupun rumah sakit. Peruntukannya macam-macam, biasanya berobat anak anak, flu batuk, dan juga pernah waktu saya pemeriksaan dan kontrol kandungan selama kehamilan itu di puskesmas dan selalu menggunakan JKN,” ungkapnya.

BACA JUGA:  Operasi Patuh Tinombala Dimulai, Berlangsung Hingga 28 Juli 2024

Ulfa mengatakan bahwa pelayanan di fasilitas kesehatan sudah cukup baik dan dapat diandalkan. Menurutnya saat ini pelayanan sudah semakin baik jika dibandingkan dengan sebelumnya. Ketika beberapa kali dirinya memanfaatkan pelayanan di fasilitas kesehatan, merasa puas atas pelayanan yang ramah dari dokter dan perawatnya, pelayanan obat juga bagus dan ketepatan waktu pelayanan, semuanya bagus.

Sebagai seorang PNS yang telah merasakan manfaat Program JKN, Ulfa mengaku dirinya dan keluarganya sangat bergantung pada Program JKN. 

BACA JUGA:  Sepupu Berkelahi di Luwuk, Satu Meninggal

Ulfa juga memuji berbagai kemudahan yang diberikan selama mendapatkan pelayanan, sebut saja antrean online dari aplikasi Mobile JKN.

“Saya apresiasi sekali, sekarang banyak kemudahan kalau mau akses pelayanan JKN, misalnya saja sekarang berobat sudah cukup pakai KTP, tidak perlu fotokopi berkas apa-apa. Terus sekarang juga antrean online sudah bisa dipakai untuk ambil antrean di puskesmas, banyak kemudahan seperti ini sangat membantu masyarakat,” terangnya.

Tak hanya sampai di situ, dirinya juga memuji pelayanan administrasi yang kini bisa diakses cukup melalui aplikasi WhatsApp. Dirinya mengaku semakin dimudahkan di era digital seperti saat ini apabila hendak mendapatkan pelayanan administrasi, Ulfa tidak perlu lagi jauh-jauh datang ke kantor.

”Saya baru tau sekarang untuk pengurusan administrasi Program JKN sudah tidak perlu membawa banyak berkas, cukup pakai WhatsApp dan mengikuti langkah langkah yang diterangkan, semua administrasi sudah bisa dilayani tanpa harus datang langsung ke kantor. Apalagi saya yang rumahnya cukup jauh dari kantor BPJS Kesehatan, alhamdulillah setiap tahun ada inovasi baru yang semakin memudahkan peserta,” terangnya.

BACA JUGA:  Alasan Ahmad Ali Dukung Sulianti Murad, Tinggalkan Amirudin

Ulfa juga mengaku akan aktif memberikan informasi terkait kemudahan administrasi dan pelayanan Program JKN kepada keluarga dan kerabat dekatnya sehingga kerabat dan keluarganya dapat memperoleh informasi yang benar tentang pelayanan Program JKN.

”Nanti saya akan infokan sama keluarga saya kalau sekarang pengurusan kepesertaan JKN ini semakin mudah dan tidak perlu datang ke kantor,” ungkap Ulfa. (*)

Pos terkait