BERI KELONGGARAN ANGSURAN KREDIT!

Bupati Herwin Surati Perbankan dan Nonperbankan

BANGGAI RAYA- Belum lama ini Presiden Jokowi mengumumkan pemberian relaksasi atau kelonggaran  pembayaran angsuran kredit bagi pelaku usaha sebagai respon atas merebaknya pandemi virus Corona yang melanda Indonesia.

Kebijakan ini langsung disikapi Pemerintah Kabupaten Banggai. Bupati Banggai Herwin Yatim menyurat kepada pimpinan lembaga perbankan dan non perbankan. Surat dengan Nomor: 570/508/Diskop tertanggal 30 Maret 2020 perihal permintaan penundaan kewajiban kredit.

BACA JUGA:  Dukung Penanganan Stunting, Pertamina EP DMF Berikan Bahan Pokok Penting untuk Balita Risiko Stunting

Dalam surat tersebut, Bupati Herwin menghimbau pihak perbankan dan non perbankan memperhatikan Instruksi Presiden RI tentang Kredit Angsuran dampak dari Virus Covid-19 dan Surat Edaran POJK nomor 11/POJK/03/2020 tentang Stimulan Penundaan Pembayaran Bunga Pokok.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Bupati meminta pihak perbankan dan non perbankan dapat mengadakan relaksasi atau kelonggaran kredit bagi pelaku usaha tanpa melihat batasan plafon kredit/pembiayaan atau jenis debitur.

BACA JUGA:  Tambah 2 Tahun, 250 Kades dan 1.400 Anggota BPD di Banggai Segera Dikukuhkan, Ini Jadwalnya!

Bupati juga menginstruksikan kepada lembaga perbankan dan non perbankan untuk tidak mengejar angsuran bagi para nasabahnya apalagi menggandeng  pihak debt collector untuk menagih cicilan para nasabahnya. Dalam surat juga dijelaskan bahwa cara restrukrusasi /pembiayaan dilakukan  sebagaimana diatur dalam peraturan  OJK Nomor 11/POJK.03/2020. NAL