Bea Cukai Luwuk Terapkan Standar Pelayanan Optimal

PEGAWAI Kantor Bea dan Cukai Luwuk. FOTO: ISTIMEWA

BANGGAI RAYA- Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai Tipe Madya Pabean (KPPBC- TMP) Luwuk memiliki standar pelayanan bagi masyarakat. Standar pelayanan itu diatur dalam KEP-168/ BC/2022 tentang Penetapan Standar Pelayanan di Lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai.

Masyarakat bisa mengakses barcode atau kode batang yang tersedia di laman https://LInktr,ee/StandarPelayananBC Luwuk.

BACA JUGA:  Promo Ramadhan Spesial Bersama Hasjrat Toyota Luwuk

Standar pelayanan yang dimiliki oleh KPPBC TMP Luwuk, yaitu manifest, impor, ekspor, fasilitas kepabeanan dan cukai.

Humas Bea Cukai Luwuk, Hifnie Zaidan menjelaskan, standar pelayanan Bea Cukai Luwuk mengacu amanat UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik dan PP Nomor 96 Tahun 2012 tentang Pelaksanaan UU Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik.

BACA JUGA:  Warga Bersyukur, Bisa Beli Gas Elpiji Rp18 Ribu di Pasar Murah Ramadhan Pemda-Kejari Banggai

Dasar lainnya adalah merujuk ke Peraturan Menteri Keuangan Nomor 46/PMK.01/2021 tentang Pedoman Standar Pelayanan Di Lingkungan Kementerian Keuangan, maka DJBC telah menetapkan Standar Pelayanan Di Lingkungan Direktorat Jenderal Bea dan Cukai berdasarkan Keputusan Direktur Jenderal Bea dan Cukai Nomor KEP-168/BC/2021.

BACA JUGA:  Maret 2024, 374 Siswa SMKN 1 Luwuk Ikut UAS

“Standar pelayanan ditetapkan dalam rangka mewujudkan penyelenggaraan pelayanan publik yang sesuai dengan azas penyelenggaraan pemerintahan yang baik dan guna mewujudkan kepastian hak dan kewajiban berbagai pihak yang terkait dengan penyelenggaraan pelayanan,” kata Hifnie Zaidan kepada Banggai Raya, Selasa (15/3/2022). (*)

Penulis: Muh Rum Lengkas

Pos terkait