Bawaslu-Panwascam Gelar Teleconference

BANGGAI RAYA– Kebijakan nasional yang berlaku hingga di Kabupaten Banggai, terkait pembatasan interaksi sosial dan larangan berkumpul, sebagai langkah untuk mencegah penyebaran virus corona atau Covid-19, menyebabkan Bawaslu untuk berkoordinasi dengan jajaran dii kecamatan juga terhambat.

Meski demikian, pengawasan berbagai tahapan pemilu dan aktivitas berbau politik yang terjadi  di lapangan, tetap harus diawasi oleh jajaran pengawas.

Karenanya, untuk memudahkan koordinasi dengan jajarannya di setiap Panwascam, Bawaslu Banggai menggunakan teknologi informasi dengan melakukan teleconference. Langkah koodinasi melalui teleconference itu sudah mulai diterapkan oleh Bawaslu Banggai sejak Selasa (24/3/2020) kemarin.

BACA JUGA:  DPRD-Bupati Banggai Sepakati KUA PPAS Tahun 2025

Pada kegiatan teleconference dengan jajaran Panwascam tersebut, Ketua Bawaslu Banggai Bece Junaid mengecek berbagai kondisi pengawasan pemilu di masing-masing kecamatan, di tengah upaya bersama untuk melawan dan mencegah penyebaran Covid-19.

Ketua Bawaslu Banggai mengatakan,ada beberapa tahapan Pilkada yang sudah resmi ditunda, seperti pelantikan PPS, pembentukan PPDP atau petugas pemutakhiran data pemilih, dan verifikasi factual terkait daftar pemilih.

BACA JUGA:  SKK Migas Paparkan Capaian Kinerja Semester I 2024, Penerimaan Negara Lampaui Target

Ia meminta agar pengawasan dan sosialisasi Pilkada di masing-masing kecamatan tetap berjalan, walaupun dilakukan dengan mengikuti pola atau anjuran pemerintah, yakni tidak mengumpulkan orang banyak atau tidak menggelar kegiatan yang menyebabkan berkumpulnya orang.

Begitupula dengan soal aktivitas di kantor Panwascam, Bece meminta agar tetap dibuka sesuai jam kerja, dan masing-masing anggota Panwascam bisa berkantor secara bergiliran dengan mengatur jadwal piket.

Terkait dengan pertanyaan salah satu Panwascam, yang meminta penjelasan soal pelaksanaan pemungutan suara  apakah akan ditunda, Bece mengatakan bahwa hingga saat ini yang sudah ditunda baru beberapa tahapan. Terkait pelaksanaan pemungutan suara, masih akan menunggu informasi dan keputusan selanjutnya dari lembaga penyelenggara pemilu di tingkat pusat.

BACA JUGA:  Tingkatkan Kualitas Kesehatan Masyarakat, DSLNG Gelar Sosialisasi Deteksi Dini Kanker Rahim dan Payudara

“Soal apakah hari pilkadanya ditunda, kita tunggu saja edaran Bawaslu nanti. Namun sampai saat ini, rencana  hari pemungutan suara Pilkada itu belum ditunda,” ujarnya. Kegiatan teleconference itu berjalan lancar, meskipun masih ada sejumlah kecamatan yang belum terhubung, dan ada pula yang sudah terhubung namun jaringan komunikasinya masih kerap terganggu. DAR