Bawaslu Banggai Gelar Evaluasi Kinerja Panwaslu di Pemilu 2024

BANGGAI RAYA-Menjelang berakhirnya tahapan Pemilu 2024, Bawaslu Banggai menggelar evaluasi kinerja jajaran Panwaslu dalam pengawasan Pemilu 2024, Sabtu hingga Minggu (30 s.d 31/3/2024) di salah satu hotel di Luwuk.

Kegiatan evaluasi ini menurut Korsek Bawaslu Banggai Welly Ismail, diikuti oleh 149 personil Panwascam dan staf teknis di masing-masing kecamatan.

Ketua Bawaslu Banggai Ridwan saat membuka kegiatan mengatakan, kegiatan ini bukan mengevaluasi jajaran panwaslu, tapi evaluasi kinerja.

Ia menyampaikan terima kasih pada seluruh jajaran panwaslu, karena selesai dengan tidak ada persoalan. Walaupun ada laporan yang masuk, tapi bisa ditangani. Sementara di Mahkamah Konstitusi, tidak ada laporan yang terkait dengan Kabupaten Banggai.

BACA JUGA:  Peringati HUT ke 73, IBI Bekerjasama Dinkes P2KB Balut Gelar Pelayanan KB Gratis

Ke depan kata dia, ada agenda Pilkada, sehingga harus ada lagi Panwaslu kecamatan. Ridwan berharap personil Panwascam yang ada saat ini, bisa terekrut kembali menjadi Panwaslu kecamatan saat Pilkada.

Ridwan sempat menyebut ada kasus yang diadukan ke Bawaslu Banggai dan menjadi isu nasional. “Semoga tidak ada jajaran Panwaslu yang terkait dengan masalah itu atau diadukan dalam persoalan yang sama,” kata Ridwan.

BACA JUGA:  Animo Tinggi, Pendaftar di SMPN 3 Luwuk Sudah Tembus 437 Peserta

Sebelumnya, Koordinator Divisi Hukum dan Penyelesaian Sengketa Bawaslu Banggai, Nizlawati MS Kono mengatakan, untuk Kabupaten Banggai Provinsi Sulawesi Tengah, tidak ada sengketa hasil pemilu yang didaftarkan di Mahkamah konstitusi.

Menurut dia, pemetaan kerawanan harus dilakukan sebagai evaluasi, khususnya dalam menghadapi agenda ke depan. Tugas Panwaslu kecamatan yang akan berakhir pada April ini kata dia, tentu bukan merupakan akhir dari silaturahmi. Semoga kebersamaan dalam mengawasi pemilu, akan membuat hubungan silaturahmi terus terjalin.

BACA JUGA:  Forum Kemitraan dan Komunikasi Bahas Optimlisasi Program JKN di Banggai

Sementara Koordinator SDM Bawaslu Banggai, Zulkifli Sandagang, menyampaikan harapan, semoga pelaksanaan tugas ini bisa dievaluasi dan diperbaiki pada pelaksanaan tahapan Pilkada. Kerja yang belum maksimal di pemilu, tentunya harus diperbaiki pada agenda selanjutnya.

Meski demikian, Zulkifli mengakui bahwa kerja-kerja panwaslu dan jajarannya sudah optimal. DAR

Pos terkait