Baru PDIP, Bawaslu Banggai Minta Parpol Segera Laporkan Data Saksi Pemilu

BANGGAI RAYA- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Banggai berharap, semua Parpol yang menjadi peserta dalam Pemilu tahun 2024, agar segara memasukan data saksinya untuk di TPS.

Hingga saat ini, dari sekian parpol yang ikut dalam Pemilu, baru PDIP Banggai yang telah melaporkan data saksi.

“Data saksi ini sangat penting bagi kami (Bawaslu) untuk memberikan bimbingan teknis (Bimtek) kepada para saksi. Kami minta data rekapan per kecamatan,” ungkap Ketua Bawaslu Banggai, Ridwan saat kegiatan sosialisasi pencegahan Kampanye Hitam yang diikuti wartawan dan pimpinan Parpol, Rabu 24 Januari 2024, di Hotel Swissbell Luwuk.

BACA JUGA:  Wisatawan Asal Jakarta Tujuan Danau Ubur-Ubur Bokan Kepulauan Karam di Perairan Matanga

Ridwan menargetkan, kegiatan Bimtek bagi para saksi di 24 kecamatan yang ada di Kabupaten Banggai sudah selesai pada 5 Februari 2024 mendatang.

BACA JUGA:  Naik Turunnya Keuangan Syariah: Refleksi Ketidaksempurnaan

“Karena lima Februari nanti, sudah masuk pada tahapan distribusi logistik. Informasi sampai saat ini, baru satu parpol yang telah melaporkan (data saksi),” terangnya.

Untuk Bimtek saksi sendiri sebut Ridwan, akan dilakukan oleh Panwaslu di masing-masing kecamatan.

BACA JUGA:  Rayakan Iduladha 1445 Hijriah, DSLNG Berbagi Kurban 17 Ekor Sapi

“Paling lambat kami menunggu sampai tanggal 27 Januari 2024, supaya segera kami bisa memetakan per kecamatan untuk Bimtek. Karena kita saat ini sangat ribet, tidak ada datanya (saksi). Baru 1 Parpol yang telah melaporkan,” katanya.

Olehnya, Ketua Bawaslu Banggai berharap semua Parpol agar kooperatif untuk segera melaporkan data saksi. (*)