Bantu Warga Kurang Mampu, ACT-MRI Luwuk Ronda Malam Bagikan Paket Pangan

  • Whatsapp
TIM ACT-MRI Luwuk saat bertemu Om Udin untuk membagikan paket pangan yang merupakan program Ronda Malam. FOTO: DOK. ACT LUWUK

BANGGAI RAYA- Sudah dua pekan, Tim Aksi Cepat Tanggap, Masyarakat Relawan Indonesia (ACT-MRI) Luwuk melakukan ronda malam untuk membagikan paket pangan berupa beras, gula, ikan kaleng, telur, dan minyak goreng.

Paket pangan yang disalurkan melalui program ronda malam ini menyasar warga kurang mampu yang masih berjuang mencari rezeki meski di malam hari.

Bacaan Lainnya

Dalam aksi itu, Tim ACT-MRI bertemu dengan Om Udin yang sehari-harinya bekerja sebagai pemulung. Yah, saat sebagian besar orang bersiap untuk melepas penat setelah seharian bekerja, Om Udin justru baru saja akan memulai pekerjaannya sebagai pemulung.

Saat itu, Tim ACT-MRI Luwuk melihat Om Udin tengah beristirahat di trotoar jalan yang ditemani karung di sampingnya dan sebuah tongkat yang selalu digenggamnya.

“Tongkat ini menjadi alat pembantu utama beliau dalam bekerja yang beliau gunakan untuk meraba-raba jalan yang beliau akan lalui, ya…Om Udin telah kehilangan penglihatannya,” ungkap Pimpinan ACT Luwuk Banggai, Mulyadi Lapago menceritakan kisahnya ketika bertemu Om Udin kepada Banggai Raya, Selasa malam (7/12/2021).

Om Udin menceritakan kisahnya ke Tim ACT-MRI, bahwa ia mengalami buta akibat kecelakaan kerja yang terjadi pada tahun 1992 lalu. Meski dihadapkan dengan kondisi yang sulit, Om Udin pantang untuk meminta-minta.

Sang istri dari Om Udin yakni Khadijah (49) juga tak hanya berdiam diri. Ia juga turut membantu sang suami untuk mencukupi kebutuhan sehari-hari dengan menjadi buruh cuci pakaian di rumah-rumah dengan upah Rp300 Ribu per bulan.

“Hal yang membuat kami Team ACT MRI takjub, dengan penghasilan 600.000 per bulan, Om Udin dan istri berhasil menyekolahkan 2 dari 4 anaknya hingga ke bangku kuliah. Menutup cerita, Om Udin berpesan pada kami bahwa kunci hidup itu cuma satu, sabar, karena allah itu maha adil,” beber Mulyadi Lapago yang takjub atas kesabaran Om Udin.

Pada kesempatan itu, Ia menjelaskan bahwa sampai saat ini sudah 12 warga di Kota Luwuk yang telah merasakan manfaat dari Program Ronda Malam Pembagian Paket Pangan ini.

“Untuk itu kami dari ACT Luwuk terus mengajak untuk para dermawan yang belum bergabung dengan aksi-kasi nyata dari ACT untuk dapat mengambil peran dalam membantu masyrakat. Melalui dukungan nyata untuk program-program kemanusiaan di ACT Luwuk, segala bentuk bantuan yang ingin diberikan dapat menghubungi di nomor henpond ACT Luwuk 0821 8038 1184 atas nama Fahri Sahada, Program ACT Luwuk,” tandasnya. (*)

Penulis: Jajad

Pos terkait