Banggai Rockin Fest Bakal Digelar, Perebutkan Hadiah Rp50 Juta!

  • Whatsapp

BANGGAI RAYA- Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kabupaten Banggai ke 62 yang jatuh pada 8 Juli 2022, Solidaritas Musisi Banggai (SMB) akan menggelar event Banggai Rockin Fest 2022 dengan menghadirkan Krisyanto Jamrud sebagai bintang tamu.

Festival rock berskala regional se-Sulawesi ini akan berlangsung selama dua hari yakni tanggal 02-03 Juli 2022, di Lapangan Bumi Mutiara Luwuk, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah (Sulteng).

Bacaan Lainnya

Ketua Panitia Pelaksana, Abdul Gafur Usman dalam rilisnya Rabu (1/6/2022), mengatakan, Banggai Rockin Fest 2022 merupakan wadah bagi para generasi muda untuk menuangkan ide kreatif yang mereka miliki.

Melalui Banggai Rockin Fest 2022 diharapkan kreatifitas positif generasi muda meningkat sehingga mampu menjauhkan diri dari hal-hal negatif seperti pergaulan bebas, narkoba, dan lainnya.

Banggai Rockin Fest 2022 juga menjadi ajang silahturahmi, bermusik, mengukir prestasi dan mempererat persahabatan antar musisi se-Sulawesi dan dicanangkan menjadi event tahunan.

Dengan dukungan penuh dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Banggai, Kodim 1308/Luwuk Banggai, Polres Banggai dan Kejaksaan Negeri Banggai, festival ini memperebutkan hadiah berupa uang tunai dengan total Rp50 juta, tropi dan piagam penghargaan.

Banggai Rockin Fest 2022 akan dinilai oleh dewan juri yang terdiri dari  Agung Saptono dan Pandan Purwacandra dari Institute Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta serta Sandy PAS Band.

Dalam ajang ini setiap peserta diwajibkan membawa dua buah lagu, terdiri dari lagu ciptaan sendiri dan lagu aransemen. Nantinya 10 finalis terbaik akan dibuatkan master album ciptaan.

Pendaftaran kepesertaan dibuka sejak tanggal 01 Juni 2022 hingga kuota peserta mencukupi yakni 30 peserta.

PEREBUTKAN HADIAH RP50 JUTA

Banggai Rockin Fest 2022 yang diinisiasi Solidaritas Musisi Banggai (SMB) ini memperebutkan total hadiah sebesar Rp50 juta. Dengan rincian juara pertama Rp20 juta, juara dua Rp12 juta, juara tiga Rp8 juta, juara favorit Rp5 juta, dan the best player masing-masing Rp1 juta.

Abdul Gafur Usman, Ketua Panitia Pelaksana mengungkapkan para peserta Banggai Rockin Fest 2022 akan dinilai oleh tiga orang dewan juri yaitu Agung Saptono dan Pandan Purwacandra yang merupakan musisi profesional dan dosen di lnstitute Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta, serta vocalis PAS Band, Sandy.

Sedangkan dasar penilaian berupa performance (aksi panggung, interaksi, attitude dan kostum), Skils (kreatiftas dan improvisasi ), harmonisasi (musikalitas, aransemen dan kekompakan) serta ketepatan waktu peserta. Keputusan dewan juri mutlak, tidak dapat diganggu gugat dan tanpa ada intervensi oleh siapapun.

“Setiap peserta akan membawakan dua buah lagu dengan genre Rock, yakni lagu wajib yang merupakan lagu ciptaan sendiri dengan ketentuan lirik lagu tidak mengandung unsur hinaan, SARA dan pornografi,” ungkapnya.

Untuk lagu pilihan, peserta bebas membawakan lagu rock dari penyanyi mana pun, termasuk lagu yang diaransemen kembali.

“Banggai Rockin Fest 2022 terbuka untuk umum, di mana para peserta wajib mengisi formulir dan membayar biaya pendaftaran sebesar Rp250 ribu. Dengan kuota peserta sebanyak 30 peserta yang akan diaudisi menjadi 10 finalis untuk tampil di babak final. Pendaftaran peserta dibuka sejak Rabu, 01 Juni 2022, hingga kuota peserta terpenuhi,” jelasnya.

Untuk technical meeting akan dilaksanakan pada Jumat, 01 Juli 2022 Pukul 15.00 Wita, babak penyisihan pada Sabtu, 02 Juli 2022, pukul 10.00 Wita, serta babak final pada Minggu, 03 Juli 2022, pukul 16.00 Wita, di lapangan alun-alun Bumi Mutiara Luwuk, Kelurahan Keraton, Kabupaten Banggai, Provinsi Sulawesi Tengah.

Untuk peserta yang berasal dari luar Kabupaten Banggai bisa menghubungi CP 085823205176 dan 082345685678 untuk syarat dan persyaratan kepesertaan.

Sementara peserta dari Kabupaten Banggai bisa mendaftar langsung di Sekretariat Panitia Banggai Rockin Fest 2022 di Cafe BMC77 (kawasan kantor PT Telkom Luwuk), Kelurahan Luwuk, Kecamatan Luwuk, Kabupaten Banggai, Senin-Sabtu, pukul 08.00 sampai dengan pukul 23.00 Wita. (*)

Pos terkait