Banggai Menuju Satu Data Wujudkan Pembangunan Terarah

  • Whatsapp
BUPATI Banggai Amirudin membuka kegiatan Bimtek Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai. FOTO: HUMAS

BANGGAI RAYA- Bagi pemerintah daerah, data akurat dan valid diperlukan dalam perencanaan pembangunan. Karenanya, Bupati Banggai Amirudin Tamoreka berharap adanya data yang akurat dan valid dalam perbaikan tata kelola data. Hal itu disampaikan Bupati Banggai Amirudin saat kegiatan Bimtek Statistik Sektoral di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Banggai yang dilaksanakan Dinas Kominfo Kabupaten Banggai di Hotel Swisbellin Luwuk, Senin (13/12/2021).

Bupati mengungkapkan, di dalam pemerintahan tentu saja statistik mempunyai peranan yang sangat penting, di antaranya untuk perencanaan pembangunan. Karena data dan informasi statistik dapat digunakan untuk mengetahui kecenderungan yang akan terjadi pada masa mendatang. Seperti dalam menentukan prioritas pelaksanaan pembangunan, serta dijadikan acuan dalam evaluasi, pengendalian kegiatan pembangunan, dan juga memperkirakan antisipasi terhadap bencana, risiko dan hambatan yang dihadapi dalam pembangunan. Dengan memiliki data akurat, tentunya pemerintah daerah akan lebih muda untuk mengambil satu kebijakan, tutur Bupati Amirudin.

Bacaan Lainnya

Dalam rangka mendukung pembangunan daerah, diperlukan sinergi antara BPS sebagai penyedia data dasar dan organisasi perangkat daerah sebagai penyedia atau sumber statistic sektoral.

“Di sinilah tentu saja diperlukan kesadaran dan partisipasi aktif dari OPD dalam hal penyediaan data sektoral yang akurat dan berkualitas agar pembangunan akan lebih terarah,” tambah Bupati.

Olehnya, perlu ada satu sistem informasi statistik yang mampu menyajikan data sektoral secara terintegrasi. “Agar sistem yang menampilkan indikator-indikator ini dapat dijadikan sebagai bahan perencanaan evaluasi dan laporan kerja pembangunan di daerah,” pintanya. (*)

Penulis: Zainuddin Lasita

Pos terkait