Banggai Lebih Maju, Mandiri & Sejahtera

  • Whatsapp
SUASANA jalannya rapat paripurna DPRD Kabupaten Banggai dengan agenda Nota Pengantar Ranperda RPJMD tahun 2021-2026, Senin (15/11/2021) malam di Gedung Graha Pemda. FOTO: RAHMAN ASNAWI

BANGGAI RAYA- Bupati Banggai, Amirudin Tamoreka menyebut bahwa  kondisi Kabupaten Banggai lebih baik dari sebelumnya menunjukkan kondisi lebih maju, lebih mandiri dan lebih sejahtera. Fakta demikian, dapat digambarkan antara lain dalam perwujudan sumber daya manusia lebih baik, ekonomi kerakyatan lebih baik, infrastruktur lebih baik, pengelolaan SDA lebih baik, pariwisata dan budaya lebih baik dan birokrasi lebih baik pula.

Penekanan itu diungkap Bupati Amirudin pada rapat paripurna agenda nota pengantar Rancangan Peraturan Daerah Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (Ranperda RPJMD) Tahun 2021-2026 di Gedung Graha Pemda, Senin (15/11/2021) malam.

Bacaan Lainnya

Bupati menjelaskan, rencana pembangunan jangka menengah daerah tahun 2021-2026 dituangkan dalam visi dan dijabarkan kedalam enam misi. Yakni; membangun SDM berkualitas, produktif dan sejahtera, menciptakan kemandirian ekonomi yang produktif dan berdaya saing melalui pemanfaatan teknologi, mempercepat pertumbuhan dan pemerataan infrastruktur serta bencana, meningkatkan pengelolaan SDA berkelanjutan yang berbasis lingkungan, pengembangan pariwisata dan budaya serta nilai keagamaan, mewujudkan tata kelola pemerintahan yang bersih,transparan dan akuntabel.

Penyusunan RPJMD Kabupaten Banggai tahun 2021-2026 telah melalui tahapan-tahapan yang berpedoman pada Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 86 tahun 2017.

Paripurna kali ini dipimpin Wakil Ketua I DPRD Banggai , Hj Bathia Sisilia Hadjar didampingi Wakil Ketua II, Samsulbahri Mang.

Pada paripurna itu, tujuh fraksi DPRD Banggai menyampaikan pandangan fraksi terhadap Ranperda RPJMD tahun 2021-2026.

Ketujuh fraksi itu yakni Fraksi NasDem, Fraksi Golkar, Fraksi PDIP, Fraksi Gerindra,Fraksi PAN, Fraksi PKS dan Fraksi PKB-Hanura Perindo menyatakan menerima Ranperda RPJMD tahun 2021-2026 untuk dibahas di tingkat selanjutnya. Usai pandangan fraksi, dilanjutkan dengan pembentukan panitia khusus membahas Ranperda RPJMD tahun 2021-2026. (*)

Penulis: Rahman Asnawi

Pos terkait